Analisis Perbandingan Perilaku Pedagang Dalam Penanganan Sampah di Kawasan Pasar Kepanjen Kecamatan kepanjen Kabupaten Malang dan Pasar Oro-Oro Dowo Kecamatan Klojen Kota Malang

Muflihah, Farah Adibah and Putri Setiani, ST., MES., Ph.D. and Dr. Eng. Akhmad Adi S., STP.,MT.,M.Eng. (2023) Analisis Perbandingan Perilaku Pedagang Dalam Penanganan Sampah di Kawasan Pasar Kepanjen Kecamatan kepanjen Kabupaten Malang dan Pasar Oro-Oro Dowo Kecamatan Klojen Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sampah menjadi masalah tersendiri pada area perkotaan yang terlihat bahwa semakin sedikitnya ruang terbuka pada daerah tersebut. Partisipasi pedagang dalam pengelolaan sampah merupakan keterlibatan pedagang dalam ikut serta bertanggung jawab baik itu aktif maupun pasif untuk menciptakan kebersihan lingkungan. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan tingkat pengetahuan penanganan sampah antara pedagang di pasar Kepanjen dan pedagang di pasar Oro-oro Dowo, menganalisis perbedaan perilaku pedagang di pasar Kepanjen dan pasar Oro-Oro Dowo dalam penanganan sampah, dan untuk mengetahui perbedaan timbulan sampah yang dihasilkan antara pasar Kepanjen dan pasar Oro-Oro Dowo. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Kemudian dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini untuk menguji butir-butir pertanyaan yang terdapat dalam sebuah kuisioner. Sehingga penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana dengan metode product moment pearson untuk mengetahui kekuatan antar tiga variabel. Sedangkan untuk pengambilan sampel pada penelitian dibagi menjadi dua lokasi yaitu pada pedagang pasar Kepanjen dengan 89 responden dan pedagang di pasar Oro-Oro Dowo dengan 72 responden. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat sekitar 74% pedagang pasar Kepanjen telah paham mengenai penanganan sampah, hal ini juga kurang lebih sama dengan persentase pedagang yang telah berperilaku baik dalam penanganan sampah yaitu sekitar 71%. Kemudian untuk pedagang pada pasar Oro-Oro Dowo menunjukkan bahwa kurang lebih 60 % pedagang yang ada di pasar Oro-oro Dowo telah mempunyai pengetahuan yang cukup baik mengenai penanganan sampah. Namun hal ini berbeda dengan persentase pada perilaku pedagang dimana hanya sekitar 57% pedagang yang berperilaku baik dalam penanganan sampah.

English Abstract

Waste is a problem in urban areas, which can be seen in the lack of open space in the area. The participation of traders in waste management is the involvement of traders in taking responsibility both actively and passively to create environmental cleanliness. The purpose of this study is to analyze the difference in the level of knowledge of waste handling between traders in Kepanjen market and traders in Oro-oro Dowo market, analyze the difference in the behavior of traders in Kepanjen market and Oro-Oro Dowo market in handling waste, and to determine the difference in waste generated between Kepanjen market and Oro-Oro Dowo market. In this study using quantitative research methods. Then testing the validity and reliability in this study was carried out to test the questions contained in a questionnaire. So this study uses a simple correlation analysis with the Pearson product moment method to determine the strength between the three variables. As for sampling in the study divided into two locations, namely Kepanjen market traders with 89 respondents and traders in Oro-Oro Dowo market with 72 respondents. The results showed that about 74% of Kepanjen market traders have understood about waste handling, this is also approximately the same as the percentage of traders who have behaved well in handling waste, which is around 71%. Then for traders in the Oro-Oro Dowo market shows that approximately 60% of traders in the Oro-oro Dowo market have a fairly good knowledge of waste handling. But this is different from the percentage on the behavior of traders where only about 57% of traders behave well in handling waste.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: Kondisi Pasar, Penanganan Sampah, Perilaku-Behavior, Market Conditions, Waste Handling
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email y13w@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:55
Last Modified: 17 Jan 2024 03:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211322
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FARAH ADIBAH MUFLIHAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2022.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item