Zetarani, Leandrafildzah Adinda and Dr. Fitria Dina Riana, SP., MP and Imaniar Ilmi Pariasa, SP., MP., M.BA (2023) Pengaruh Penerapan Green Marketing Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Produk Lokal Organik Pada E-Commerce di Tangerang Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konsep green marketing muncul pada tahun 1970-an dan mulai populer pada tahun 1990-an karena munculnya krisis lingkungan, tanda kurangnya kepedulian manusia terhadap lingkungan. Namun, akhir-akhir ini muncul tren ramah lingkungan yang mendorong berkembangnya konsep green marketing tersebut. Hal ini mendorong beberapa perusahaan khususnya di Indonesia memanfaatkan peluang tersebut dengan menerapkan green marketing sebagai strategi pemasaran mereka. Salah satu perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah e-commerce Kecipir. Perusahaan sosial ini menawarkan produk pertanian organik dari petani lokal yang dikemas dengan bahan ramah lingkungan. Beberapa konsumen menyukai produk yang ditawarkan karena memiliki dampak baik terhadap lingkungan, namun masih ada konsumen yang meragukan klaim yang dibuat. Terbukti dengan adanya kendala dalam penerapan green marketing, seperti target penjualan yang belum terpenuhi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing yang diterapkan oleh e-commerce Kecipir terhadap preferensi dan keputusan pembelian perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara online melalui google form dan dianalisis menggunakan SEM-PLS dengan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung variabel green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli, variabel minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, variabel green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian melalui variabel minat beli sebagai variabel mediasi. Beberapa saran pengembangan yang dapat diberikan pada e-commerce Kecipir berdasarkan penelitian ini, yaitu untuk terus menjaga kualitas poduk dan pengemasannya, meningkatkan variasi produk agar konsumen memiliki lebih banyak pilihan saat melakukan pemesanan sesuai dengan kebutuhannya, serta memperluas jangkauan pengiriman dengan menambah lokasi gudang serta penambahan kerjasama dengan mitra petani di daerah luar Jabodetabek. Selain itu, saran bagi peneliti selanjutnya yaitu dapat lebih mengekplorasi variabel-variabel lain seperti kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, citra merek, atau variabel lainnya yang dapat dipengaruhi oleh penerapan green marketing
English Abstract
The concept of green marketing emerged in the 1970s and gained popularity in the 1990s due to the emergence of the environmental crisis, a sign of a lack of human concern for the environment. However, lately an environmentally friendly trend has emerged which has encouraged the development of the green marketing concept. This has encouraged several companies, especially in Indonesia, to take advantage of this opportunity by implementing green marketing as their marketing strategy. One of the companies implementing this strategy is Kecipir e-commerce. This social enterprise offers organic agricultural products from local farmers packaged with environmentally friendly materials. Some consumers like the products offered because they have a good impact on the environment, but there are still consumers who doubt the claims made. Evidenced by the existence of obstacles in the implementation of green marketing, such as sales targets that have not been met. Therefore, this study aims to analyze the effect of green marketing implemented by Kecipir e-commerce on company preferences and purchasing decisions. The sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling method. Data collection was carried out using a questionnaire distributed online via google form and analyzed using SEM-PLS with WarpPLS 7.0 software. The results showed that the green marketing variable had a positive and significant effect on the purchase intention variable, the purchase intention variable had a positive and significant effect on the purchase decision variable, the green marketing variable had a positive and significant effect on the purchase decision variable through the purchase intention variable as a mediating variable. Some suggestions for development that can be given to Kecipir e-commerce based on this research, namely to continue to maintain product quality and packaging, increase product variety so that consumers have more choices when placing orders according to their needs, and expand delivery range by adding warehouse locations and adding cooperation with farmer partners in areas outside Jabodetabek. In addition, suggestions for future researchers are to be able to further explore other variables such as consumer satisfaction, consumer loyalty, brand image, or other variables that can be influenced by the application of green marketing
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052304 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | maria |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 01:44 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 01:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211213 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
LEANDRAFILDZAH ADINDA ZETARANI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |