Krismawati, - and Dr. Drs. Suryadi, Ms and Dr. Abd. Qadir Muslim, S.Pd.I.,M.Pd (2023) Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan inklusi merupakan suatu alternatif penyelenggaraan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus sebagai jawaban tuntutan dari “pendidikan untuk semua (education for all)”. Pemerintah Jawa Timur menerapkan pendidikan inklusif sudah sejak 2011 yang terbagi kedalam 15 kabupaten/kota di Jawa Timur termasuk di Kabupaten Tulungagung. Salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi di Tulungagung adalah Sekolah Dasar Islam Al Azhaar. Masih banyak perbedaan antara hasil kebijakan pendidikan inklusi yang diinginkan dan keadaan implementasi aktual di lapangan. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki gambaran luas tentang bagaimana kebijakan pendidikan inklusi diimplementasikan dalam rangka mewujudkan sekolah ramah anak. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh informasi tentang proses implementasi kebijakan pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Islam Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung dalam mewujudkan sekolah ramah anak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model Proses Implementasi kebijakan oleh Van Metter dan Van Horn. Kedua ahli itu mengemukakan bahwa tahapan yang menghubungkan antara kebijakan dan prestasi kerja dipisahkan oleh sejumlah variabel bebas yang saling berhubungan 1) Ukuran dan Tujuan Kebijakan. 2) Sumber-sumber Kebijakan. 3) Ciri-ciri atau karakteristik Badan/Instansi Pelaksana. 4) Komunikasi antar organisasi. 5) Lingkungan ekonomi, sosial dan politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendamping khusus, koordinator inklusi, dan orangtua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah selalu berusaha mencegah diskriminasi dan mengakomodasi siswa. Kesimpulan dari penelitian yaitu implementasi kebijakan inklusi di Sekolah Dasar Islam Al Azhaar Kedungwaru Tulungagung sudah menerapkan aspek-aspek dalam mewujudkan sekolah ramah anak namun perlu peningkatan dalam hal tenaga kerja dan sarana prasarananya.
English Abstract
Inclusive education is an alternative to providing education for children with special needs as an answer to the demands of "education for all". The East Java government has implemented inclusive education since 2011 which is divided into 15 regencies/cities in East Java including in Tulungagung Regency. One of the schools implementing inclusive education in Tulungagung is Al Azhaar Islamic Elementary School. There are still many differences between the desired results of inclusive education policies and the actual implementation conditions in the field. Therefore it is very important to have a broad picture of how inclusive education policies are implemented in order to create child�friendly schools. The research objective was to obtain information about the process of implementing inclusive education policies at Al Azhaar Islamic Elementary School Kedungwaru Tulungagung in creating child-friendly schools. In this study, researchers used the policy implementation process model by Van Metter and Van Horn. The two experts argued that the stages that link between policy and work performance are separated by a number of interrelated independent variables 1) Policy Size and Objectives. 2) Policy Resources. 3) Characteristics or characteristics of the Implementing Agency/Agency. 4) Communication between organizations. 5) Economic, social and political environment. This research uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques applied are observation and interviews. The subjects of this study were school principals, special accompanying teachers, inclusion coordinators, and parents of students. The results of the research show that schools always try to prevent discrimination and accommodate students. The conclusion of the research is that the implementation of the inclusion policy at the Al Azhaar Islamic Elementary School Kedungwaru Tulungagung has already implemented aspects of creating a child-friendly school but needs to improve in terms of workforce and infrastructure.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030718 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan, Pendidikan Inklusi, Sekolah Ramah Anak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:06 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211203 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Krismawati.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |