Gayatri, Ketut Nitya Chanda Puja and Dr. Drs. Edy Yulianto, MP (2023) Pengaruh Faktor Push, Pull, dan Mooring Terhadap Switching Intention dari Loket Bioskop ke Mobile Tickecting (Survei pada Pengguna Aplikasi Online Ticketing TIX ID di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Evolusi teknologi informasi telah mengubah perilaku belanja dan pembelian konsumen dari penggunaan satu saluran tradisional, yaitu toko fisik, menjadi beberapa saluran atau yang bisa disebut sebagai multi-saluran. Khususnya dengan pertumbuhan luas internet seluler, belanja seluler (m-commerce) telah menjadi cara lain yang populer bagi konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelami lebih dalam variabel Faktor Push, Pull, dan Mooring yang dapat memengaruhi terjadinya Switching Intention dari yang awalnya membeli tiket secara langsung atau offline hingga kemudian beralih menuju platform online ticketing bioskop, yang dalam hal ini dispesifikasikan pada pengguna aplikasi online ticketing TIX ID di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan pada pengguna aplikasi TIX ID di Kota Malang dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta jenis explanatory research. Data pada penelitian diambil dengan metode survei, yaitu melalui penyebaran kuesioner ke 116 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur dengan metode PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Faktor Pull dengan Switching Intention secara parsial dan pengaruh simultan antara Faktor Push, Pull, dan Mooring terhadap Switching Intention. Namun, ditemukan pengaruh tidak signifikan antara Faktor Push serta Faktor Mooring dengan Switching Intention secara parsial.
English Abstract
The evolution of information technology has changed consumer shopping and purchasing behavior from using one traditional channel, namely physical stores, into several channels or what can be referred to as multi-channels. Particularly with the widespread growth of the mobile internet, mobile shopping (m-commerce) have become another popular way for consumers to make purchases. This research has a purpose todive deeper into the variable Push, Pull, and Mooring Effects which can affect its occurrence Switching Intention from those who originally bought tickets in person or offline until then switch to platform online ticketing cinema, which in this case is specified by the application useronline ticketing TIX ID in Malang City. This research was conducted on users of the TIX ID application in Malang City using quantitative and type research methods exploratory research. The data in the study were taken using a survey method, namely by distributing questionnaires to 116 respondents. The data analysis used is descriptive analysis and path analysis using the PLS-SEM method. The results of this study indicate that there is a significant influence between the Pull Factor and Switching Intention partially and a simultaneous effect between the Push, Pull, and Mooring Factors on Switching Intention. However, it was found that there was no significant effect between the Push Factor and the Mooring Factor with Switching Intention partially
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030706 |
Uncontrolled Keywords: | Faktor Push, Faktor Pull, Faktor Mooring, dan Switching Intentio |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 05:24 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 05:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211165 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ketut Nitya Chanda Puja Gayatri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |