Pengaruh Kualitas E-registration Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Malang)

Sitanggang, Karel Noel and Latifah Hanum, SE., MSA., Ak (2023) Pengaruh Kualitas E-registration Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapat imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Dalam membuat NPWP, masyarakat dapat menggunakan e-registration. E-registration merupakan sistem yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk mendaftar menjadi Wajib Pajak. Kualitas dari sebuah sistem merupakan salah satu faktor yang membuat pengguna puas sehingga memenuhi kewajiban perpajakannya. Terdapat tiga variable independent dalam penelitian ini, yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan e�registration. Variable dependen dalam penelitian ini yaitu kepuasan Wajib Pajak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan dari e-registration terhadap kepuasan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan di kota malang. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner pada 100 responden yaitu Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan e-registration berpengaruh signifikan terhadap variable kepuasan Wajib Pajak.

English Abstract

Taxes are mandatory contributions to the state owed by individuals or entities that are coercive based on the law, with no direct compensation and are used for the needs of the state for the greatest prosperity of the people. In making NPWP, people can use e-registration. E-registration is a sistem created by the Directorate General of Taxes to register as a taxpayer. The quality of a sistem is one of the factors that make users satisfied so that they fulfill their tax obligations. There are three independent variables in this study, namely information quality, sistem quality, and e-registration service quality. The dependent variable in this study is taxpayer satisfaction. The purpose of this study is to examine the effect of information quality, sistem quality, and service quality from e-registration on taxpayer satisfaction in fulfilling tax obligations in the city of Malang. Data collection in this study was carried out by distributing questionnaires to 100 respondents, namely individual taxpayers in the city of Malang. The results of this study indicate that the variables of information quality, sistem quality, and e-registration service quality have a significant effect on the taxpayer satisfaction variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030700
Uncontrolled Keywords: : KUALITAS, E-REGISTRATION, KEPUASAN WAJIB PAJA
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:04
Last Modified: 18 Jan 2024 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211159
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
KAREL NOEL SITANGGANG.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item