Pengaruh Pembelajaran Daring, Komunikasi Verbal, Dan Nonverbal Terhadap Pengetahuan Perpajakan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Aktif Kuliah Program Studi Perpajakan FIA UB)

Natanael, Anthony and Dewi Noor Fatikhah Rokhimakhumullah,, SE., MSA. Ak (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring, Komunikasi Verbal, Dan Nonverbal Terhadap Pengetahuan Perpajakan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Aktif Kuliah Program Studi Perpajakan FIA UB). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat memberikan kuliah online kepada mahasiswa Program Studi Pajak Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) Malang saat ini, dosen menemukan mahasiswa kurang memahami materi tentang pajak, yang berdampak pada nilai mahasiswa. Kurangnya pemahaman ini diakibatkan banyaknya kesempatan dari mahasiswa untuk bersantai-santai dalam mengikuti pembelajaran secara daring, kurangnya antusias para mahasiswa dalam menerima materi yang diberikan oleh dosen serta penyampaian komunikasi secara verbal dan nonverbal menjadi kurang maksimal selama pembelajaran daring berlangsung. Dalam segi penyampaian pengetahuan perpajakan kepada mahasiswa, seorang dosen perlu memiliki keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal, sehingga pesan dan ilmu yang disampaikan dapat membekas dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran daring, komunikasi verbal dan nonverbal terhadap pengetahuan perpajakan mahasiswa. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori Sibernetika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden Mahasiswa Program Studi Perpajakan FIA, UB Malang dengan instrumen penelitian kuesioner. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran daring, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengetahuan perpajakan. Artinya pembelajaran daring, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal yang baik mampu meningkatkan pengetahuan perpajakan mahasiswa program studi perpajakan FIA, UB Malang. Penelitian ini memberikan dampak pada mahasiswa setelah dilakukannya pembelajaran daring secara intens membuat mahasiswa mampu meningkatkan pemahaman mengenai pelajaran perpajakan. Selain pembelajaran daring yang dilakukan secara intens, pemahaman yang dirasakan mahasiswa juga disebabkan adanya komunikasi verbal maupun nonverbal selama pembelajaran daring

English Abstract

When giving online lectures to current students in the Tax Study Program at the Faculty of Administrative Sciences (FIA), Universitas Brawijaya (UB) Malang, instructors have found that the students do not comprehend the material on taxes, which has an impact on the students' grades. This lack of understanding is due to the many opportunities for students to relax in participating in online learning, the lack of enthusiasm of students in receiving the material provided by the lecturer and the delivery of verbal and nonverbal communication being less than optimal during online learning. In terms of delivering tax knowledge to students, a lecturer needs to have verbal and nonverbal communication skills, so that the messages and knowledge conveyed can be imprinted and meaningful. This study aims to examine the effect of learning courage, verbal and nonverbal communication on students' tax knowledge. The theory used in this research is Cybernetics Theory. The type of research used in this research is quantitative research with an explanatory research approach. The sample used was 90 respondents from the Taxation Study Program FIA UB Malang with a questionnaire research instrument. This study found that the factors of online learning, verbal communication, and nonverbal communication all had a favorable and substantial influence on tax knowledge. This suggests that online learning, as well as solid verbal and nonverbal communication skills, may help students in the taxation study program at FIA, UB Malang improve their tax knowledge. This study has an influence on students since intensive online learning has allowed students to improve their grasp of taxation lectures. In addition to rigorous online learning, students' learning understanding is influenced by verbal and nonverbal communication during online learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal, Pengetahuan Perpajakan-Online Learning, Verbal Communication, Nonverbal Communication, Tax Knowledge
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:54
Last Modified: 16 Jan 2024 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211153
[thumbnail of Dalam masa EMBARGO] Text (Dalam masa EMBARGO)
Anthony Natanael.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item