Analisis Strategi Guru dalam Mengajar Bahasa Inggris Menggunakan Pembelajaran Diferensiasi

Anggraeny, Tri Fanny and Dian Novita Dewi, S.Pd., M.Li (2023) Analisis Strategi Guru dalam Mengajar Bahasa Inggris Menggunakan Pembelajaran Diferensiasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi guru dalam mengajar bahasa Inggris menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Peneliti menggunakan studi kasus sebagai metode. Subjek penelitian adalah dua orang guru yang merupakan guru penggerak atau Guru Penggerak. Wawancara dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data, dan dianalisis menggunakan analisis koding. Hasilnya menunjukkan pembelajaran yang dibedakan adalah proses memodifikasi instruksi agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Sebagai solusi dari kebutuhan siswa, guru menyajikan berbagai kemungkinan untuk menyerap informasi penting untuk diterapkan karena dalam satu kelas terdapat berbagai kebutuhan siswa yang harus dipenuhi. Strategi yang digunakan guru untuk mengakomodir kebutuhan siswa mulai dari isi, proses, dan produk. Ini harus berbeda berdasarkan kebutuhan siswa tetapi pada topik yang sama. Strategi lain yang digunakan guru untuk memastikan partisipasi siswa adalah menyibukkan siswa dengan tugas dan target yang harus dipenuhi. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas efektif, hal ini dapat membantu siswa memahami materi sesuai dengan kebutuhan siswa. Untuk penelitian lebih lanjut, penyelidikan tentang keefektifan pembelajaran berdiferensiasi untuk hasil siswa dan sekolah dapat dilakukan, untuk memfasilitasi lokakarya atau pelatihan bagi para guru tentang pembelajaran berdiferensiasi.

English Abstract

This research analyzes the teachers’ strategies for teaching English using differentiated learning. The researcher used a case study as themethod. The subjects were two teachers who are the driving teacher or Guru Penggerak. Interviews and observation were utilized to collect the data, and it was analyzed using coding analysis. The result shows differentiated learning is the process of modifying instruction to match the needs of individual students. As a solution to students' requirements, the teacher presents them with multiple possibilities for absorbing information it is essential to implement because in one class there are various needs of the students that should be fulfilled. Strategies used by the teachers to accommodate the student's needs are from the content, process, and product. These should differ based on the students' needs but on the same topic. Another strategy used by the teachers to ensure the student's participation is to make the students busy with the task and the target that should be fulfilled. Thus, this research concludes that the implementation of differentiated learning in class is effective, this can help the students understand the material according to the student’s needs. For furtherresearch, investigation on the effectivenessof differentiated learning for student outcomes and the school might be conducted, to facilitate workshops or training for the teachers about differentiated learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi, strategi mengajar, kebutuhan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: maria
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:32
Last Modified: 16 Jan 2024 08:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211137
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tri Fanny Anggraeny.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item