Nindita, Annisa and Rosalita Rachma Agusti, SE., MSA (2022) Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Persepsi Kontrol Perilaku Pemberlakuan Atas PPN PMSE Terhadap Minat UMKM untuk Menggunakan Layanan Iklan Digital Instagram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengtauhi pengaruh Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Persepsi Kontrol Perilaku atas Pemberlakuan PPN PMSE Terhadap Minat UMKM untuk Menggunakan Layanan Iklan Digital Instagram secara parsial dan simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalahexplanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel independen penelitian ini meliputi sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, dan pemberlakuan PPN PMSE, sedangkan variabel dependen adalah minat UMKM untuk menggunakan layanan iklan digital instagram. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Indonesia yang menggunakan aplikasi instagram sebagai salah satu media promosi. Sampel ditentukan denan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebesar 100 pelaku UMKM. Sementara itu metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang kemudian diolah menggunakan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, persepsi kontrol perilaku, dan pemberlakuan PPN PMSE secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat UMKM menggunakan layanan iklan digital instagram. Namun norma subjektif secara parsial tidak mempengaruhi minat UMKM menggunakan layanan iklan digital instagram. Selain itu sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, dan pemberlakuan PPN PMSE secara simultan berpengaruh terhadap minat UMKM menggunakan layanan iklan digital instagram dengan nilai sebesar 56,1% dan sisanya sebesar 43,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
English Abstract
This study aims to determine the effect of Attitudes, Subjective Norms, and Percieve Behavioral Control on the Implementation of PMSE VAT on MSMEs' Interest in Using Instagram Digital Advertising Services partially and simultaneously. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. The independent variables of this study include attitudes, subjective norms, perceptions of behavioral control, and the application of PMSE VAT, while the dependent variable is the interest of MSMEs to use Instagram digital advertising services. The population in this study are MSME actors in Indonesia who use the Instagram application as one of the promotional media. The sample was determined by purposive sampling technique and obtained a sample of 100 SMEs. Meanwhile, the data collection method used a questionnaire or questionnaire which was then processed using SPSS 25. The results of this study indicate that attitudes, percieve behavioral control, and the application of PMSE VAT partially have a significant effect on MSME interest in using Instagram digital advertising services. However, subjective norms partially do not affect the interest of MSMEs in using Instagram's digital advertising services. In addition, attitudes, subjective norms, percieve behavioral control, and the application of PMSE VAT simultaneously affect the interest of SMEs in using Instagram digital advertising services with a value of 56.1% and the remaining 43.9% is influenced by other variables not examined.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052303 |
Uncontrolled Keywords: | Layanan Iklan Digital Instagram, UMKM, Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku, PPN PMSE-Instagram Digital Advertising Services, MSMEs, Attitudes, Subjective Norms, Percieve Behavioral Control, PMSE VAT |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan |
Depositing User: | Emy Sukartini |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 08:33 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 08:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211121 |
Text (Dalam masa EMBARGO)
ANNISA NINDITA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |