Kasimbara,, Trias Mega and Rizki Yudhi Dewantara,, S.Sos., MAP. (2023) Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pengguna Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA)). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengembangan dan implementasi Sistem Informasi Manajemen berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi aspek penting dalam keberhasilan suatu perguruan tinggi. Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA) merupakan sistem informasi berbasis website yang berfungsi untuk menyediakan informasi serta pelayanan akademik bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi. Pengukuran kesuksesan atau efektivitas sistem informasi merupakan salah satu hal penting untuk memahami nilai kegiatan manajemen sistem informasi dan investasi terhadap sistem informasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA). 2) Menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA). 3) Menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA). Penelitian skripsi ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian survei. Pertanyaan diajukan kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi sejumlah 125 orang sebagai sampel penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan: kualitas sistem berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna; kualitas informasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna; kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.
English Abstract
The development and implementation of Management Information Systems based on Information and Communication Technology is an important aspect in the success of a university. The Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA) is a website-based information system that serves to provide information and academic services for students of the Faculty of Administrative Sciences. Measuring the success or effectiveness of information systems is one of the important things to understand the value of information system management activities and investment in information systems. The objectives of this study are: 1) Analyze and explain the effect of system quality on user satisfaction of the Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA). 2) Analyze and explain the effect of information quality on user satisfaction of the Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA). 3) Analyze and explain the effect of service quality on user satisfaction of the Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (SIFIA). This research was conducted with a quantitative approach, survey research type. Questions were asked to 125 students of the Faculty of Administrative Sciences as a research sample. The data obtained was then analyzed with the SEM PLS test. The results showed: system quality has a positive and insignificant effect on user satisfaction; information quality has a positive and insignificant effect on user satisfaction; service quality has a positive and significant effect on user satisfaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052303 |
Uncontrolled Keywords: | Kesuksesan Sistem Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna.-Information System Success, System Quality, Information Quality, Service Quality, User Satisfaction. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with username suprihatin |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:55 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211103 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
TRIAS MEGA KASIMBARA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |