Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Thrift Shop Secondhand.Jbg Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dan Swot Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Thrift Shop Secondhand.Jbg Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dan Swot

Agustiani, Windy Eka and Dr. Ikhtiara Kaideni Isharina,, SE., MM (2022) Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Thrift Shop Secondhand.Jbg Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dan Swot Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Thrift Shop Secondhand.Jbg Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dan Swot. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena fast fashion membuat seseorang begitu konsumtif untuk mengikuti perkembangan jaman sehingga dapat menyebabkan polusi lingkungan. Salah satu cara untuk mengurangi dampak fast fashion yaitu dengan penjualan ulang pakaian bekas. Penelitian ini bertujuan agar strategi yang dihasilkan mampu untuk mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang, dan ancaman yang dapat digunakan untuk membuat business plan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana penelitian dilakukan untuk memahami tentang penerapan Business Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT pada bisnis Secondhand.jbg. Alat bantu analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Business Model Canvas (BMC). Kemudian untuk mengetahui kondisi eksternal dan internal Secondhand.jbg akan dilakukan menggunakan analisis SWOT. Setelah ditemukan faktor-faktor internal dan eksternal maka dilakukan pencocokan menggunakan matriks SWOT. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi pada lokasi penelitian yaitu Secondhand.jbg. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secondhand.jbg perlu melakukan penyusunan model bisnis baru atau Future Business Model Canvas. Sedangkan untuk jangka panjang, peneliti merekomendasikan business plan yang akan digunakan sebagai pengembangan pada seluruh aspek fungsional dalam menghadapi persaingan.

English Abstract

The phenomenon of fast fashion makes people highly consumptive in order to keep up with the current trend, but this behavior is environmentally unfriendly. One of the efforts to reduce the impact of fast fashion is reselling used clothes. The objective of this research is to identify the strength, weakness, opportunity, and threat of a business that are going to be sued to create a business plan. This qualitative research was conducted to grip certain understanding about the application of Business Model Canvas (BMC) and SWOT Analysis at Secondhand.jbg. the instrument of analysis is the Business Model Canvas (BMC), while SWOT analysis was used to identify the company’s internal and external conditions. Following the discovery of the internal and external factors, SWOT was employed to do to matching. The data of this research was acquired from interviews, observation, and documentation at the research site, i.e. Secondhand.jbg’s store. This study finds that the company needs to remake its business model using the Future Business Model Canvas. In the run, the shop is advised to run its business plan to develop its entire functional aspects in order to face the competition.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020555
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:04
Last Modified: 17 Jan 2024 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211098
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Windy Eka Agustiani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item