Utami, Syarifah and Vanda Hardinata, M.Pd (2022) Analisis Pengaruh Program Pelatihan PEMBaTIK Level 3 dan 4 terhadap Peningkatan Kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Bahasa Indonesia di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemampuan integrasi TIK ke dalam pembelajaran adalah aspek kompetensi profesional yang harus dimiliki guru. Dalam penguasaan kurikulum materi, dan substansi ilmiah yang menyangkut materi, perancangan, proses, dan evaluasi pembelajaran di era industri 4.0, guru dapat memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional guna mempermudah dan menghardirkan inovasi-inovasi dalam proses belajar mengajar. Provinsi Jawa Timur melakukan pembangunan pendidikan untuk meningkatkan kualitas agar dapat mengimbangi dinamika perkembangan kehidupan dan peradaban masyarakat. Salah satu pokok masalah yang teridentifikasi dalam upaya membangun pendidikan di Jawa Timur adalah kurangnya SDM yang berkompeten di bidang TIK (Renstra Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur 2019-2024). Dari masalah tersebut, perlunya program yang menyangkut peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan TIK bagi pembelajaran dan Pemenuhan sarana dan prasarana TIK di satuan pendidikan. Pelatihan PEMBaTIK merupakan salah satu pelatihan peningkatan kompetensi TIK guru yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemendikbud. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan instrumen kuesioner. Data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 66 responden. Jawa Timur dipilih sebagai lokasi penelitian dikarenakan pada tahun 2019/2020, Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah peserta terbanyak dalam pelatihan tersebut. Penelitian ini mengkaji pengaruh antara pelatihan PEMBaTIK dan peningkatan kemampuan TIK guru dengan analisis regresi sederhana, yang kemudian dikuatkan dengan uji korelasi antar subdimensi. Berikut adalah hasil yang diperoleh dalam penelitian ini (1) pelatihan TIK berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan TIK guru, (2) subdimensi kesiapan belajar, instruktur pelatihan, dan kurikulum pelatihan memiliki hubungan positif dan signifikan dengan semua subdimensi kompetensi, yaitu literasi teknologi, pendalaman pengetahuan, dan kreasi pengetahuan, dan (3) subdimensi karakteristik individu dan status keprofesian tidak memiliki keeratan hubungan dengan ketiga subdimensi kompetensi TIK
English Abstract
The ability to integrate ICT into learning is an aspect of professional competence that teachers must have. In mastering the material curriculum, and scientific substance related to material, design, process, and evaluation of learning in the industrial era 4.0, teachers can utilize communication and information technology functionally to facilitate and rebuke innovations in the teaching and learning process. East Java Province carries out educational development to improve quality so that it can balance the dynamics of development of people's life and civilization. One of the main problems identified in efforts to build education in East Java is the lack of competent human resources in the ICT field (East Java Provincial Education Office Strategic Plan 2019-2024). From these problems, there is a need for programs related to increasing teacher competency in ICT mastery for learning and the fulfillment of ICT facilities and infrastructure in education units. PEMBaTIK is one of the trainings to improve teacher ICT competency, organized by Pustekkom Kemendikbud. This study is a quantitative descriptive research which used questionnaire as an instrument. Research data were obtained from questionnaires distributed to 66 respondents. East Java was chosen as the research site because in 2019/2020, East Java became the province with the highest number of participants in the training. This study examined the impact between PEMBaTIK training and improved teacher ICT skills with a simple regression analysis, which was then strengthened by correlation tests between subdimensionals. The following are the results obtained in this study (1) ICT training has a positive and significant effect on improving teacher ICT skills, (2) learning readiness subdimensional, training instructors, and training curriculum have a positive and significant relationship with all competency subdimensionals, namely technology literacy, knowledge deepening, and knowledge creation, and (3) subdimensional individual characteristics and professional status have no tightness of relationship with the three subdimensional ICT competencies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | pelatihan TIK guru, kemampuan TIK guru Bahasa Indonesia, pelatihan PEMBaTIK |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | maria |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:54 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211093 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
SYARIFAH UTAMI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |