Analisis Evaluasi Formatif dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil observasi di SMK PGRI 3 Malang.

Sholiha, Rohmatus and Maulfi Syaiful Rizal, M.Pd (2023) Analisis Evaluasi Formatif dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil observasi di SMK PGRI 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penilaian formatif yang dilaksanakan oleh guru Bahasa Indonesia di SMK PGRI 3 Malang berdasarkan kurikulum merdeka belajar dan mendeskripsikan hambatan yang dialami guru SMK 3 PGRI Malang dalam pelaksanaan evaluasi formatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriprif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur evaluasi yang dilakukan Guru Bahasa Indonesia SMK PGRI 3 Malang terdiri atas perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, monitoring pelaksanaan evaluasi, pengolahan data evaluasi dan pelaporan hasil evaluasi. Bentuk evaluasi yang dilakukan pada menulis teks LHO yakni proyek dan unjuk kerja. Hasil evaluasi didapat dari dua penilaian yakni menulis teks LHO dan presentasi, berdasarkan nilai yang didapat, seluruh siswa mendapatkan nilai diatas KKM sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan evaluasi berjalan dengan baik. Adapun dalam pelaksanaan evaluasi terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh Guru yakni 1) kurangnya persiapan siswa dalam mengerjakan soal. 2) keterlambatan dalam pengerjaan. 3) kurangnya persiapan siswa dalam presentasi

English Abstract

The purpose of this study was to describe the formative assessment carried out by Indonesian teachers at SMK PGRI 3 Malang based on the merdeka belajar curriculum and to describe the obstacles experienced by teachers at SMK 3 PGRI Malang in implementing formative evaluations. This study uses a descriptive method with data collection techniques of observation, interviews and documentary studies. The results showed that the evaluation procedures carried out by Indonesian Language Teachers at SMK PGRI 3 Malang consisted of planning evaluations, implementing evaluations, monitoring evaluation implementations, processing evaluation data and reporting evaluation results. The form of evaluation carried out in writing the LHO text is the project and performance. The results of the evaluation were obtained from two assessments, namely writing LHO texts and presentations, based on the scores obtained, all students scored above the KKM so that it could be concluded that the evaluation was going well. As for the implementation of the evaluation, there are several obstacles experienced by the teacher, namely 1) the lack of preparation of students in working on questions. 2) delay in processing. 3) lack of student preparation in presentations

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: evaluasi, formatif, hambatan
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: maria
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:10
Last Modified: 16 Jan 2024 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/211004
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rohmatus Sholiha.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item