Pengaruh Insentif dan Beban Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Karyawan Bagian Pemasaran PT Eureeka Great Nusantara.

Indah Dwie Agustine Afandi, Rachmawati and Wisynu Ari Gutama,, S.P., MMA and Dina Novia Priminingtyas,, S.P., M.Si (2023) Pengaruh Insentif dan Beban Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Karyawan Bagian Pemasaran PT Eureeka Great Nusantara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian di Indonesia karena dapat meningkatkan lapangan kerja dan laju pertumbuhan ekonomi setelah krisis moneter pada tahun 1997 (Widjaja et al., 2018). Menurut Badan Pusat Statistik (2019), lebih dari 60% UMKM berada di Pulau Jawa dan Jawa Timur menjadi salah satu provinsi dengan jumlah UMKM tertinggi. Umumnya UMKM masih dikelola secara sederhana oleh pelaku usaha. Semua pelaku usaha menginginkan keberhasilan untuk usahanya, salah satunya dengan meningkatkan produktivitas karyawan. Seorang karyawan dapat disebut produktif apabila karyawan tersebut mampu untuk mencapai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan (Trisnawaty dan Parwoto, 2021). Produktivitas setiap orang bisa berbeda bergantung pada pengetahuan, keahlian dalam menyelesaikan pekerjaan, dan motivasi (Walangitan, 2012). PT Eureeka Great Nusantara merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang produksi produk-produk agrochemical yang telah berdiri sejak tahun 2006. Sejak Februari 2021 perusahaan ini mengalami penjualan yang fluktuatif bahkan mengalami penurunan sebanyak Rp1.020.319.000,13 atau sekitar 51% pada bulan Desember 2021 – Januari 2022. Fluktuatifnya penjualan yang dialami PT Eureeka Great Nusantara disebabkan kurang aktifnya tenaga pemasar dalam memasarkan produk karena tenaga pemasar merasa kurang puas terhadap insentif yang diberikan perusahaan dan tenaga pemasar juga harus menambah jam kerja apabila target penjualan belum tercapai. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh insentif dan beban kerja terhadap produktivitas kerja, serta menganalisis pengaruh insentif dan beban kerja terhadap produktivitas kerja melalui motivasi sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di PT Eureeka Great Nusantara. Responden penelitian ini sebanyak 32 orang karyawan bagian pemasaran PT Eureeka Great Nusantara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan Skala Likert empat kategori dan wawancara. Data yang telah didapatkan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Penelitian ini mendapatkan hasil pengaruh insentif terhadap produktivitas kerja terjadi secara positif namun tidak signifikan, pengaruh beban kerja terhadap produktivititas kerja terjadi secara positif dan signifikan, dan motivasi berhasil memediasi pengaruh insentif dan beban kerja terhadap produktivitas kerja yang keduanya terjadi secara positif dan signifikan.

English Abstract

UMKM have an important role in the economy of Indonesia because they can increase employment and the rate of economic growth after the monetary crisis in 1997 (Widjaja et al., 2018). According to the Central Bureau of Statistics (2019), more than 60% of UMKM are in Java and East Java is one of the provinces with the highest number of UMKM. Many UMKM are still managed in a simple way by business actors. All business actors want success in achieving their goals, one of which is by increasing employee productivity. An employee can be called productive if the employee is able to achieve the targets set by the company (Trisnawaty and Parwoto, 2021). Everyone's productivity can be different depending on knowledge, expertise in completing work, and motivation (Walangitan, 2012). PT Eureeka Great Nusantara is one of the UMKM engaged in the production of agrochemical products which has been established since 2006. Since February 2021 the company has experienced fluctuating sales and even decreased by IDR 1,020,319,000.13 or around 51% in the month of December 2021 - January 2022 The fluctuation in sales experienced by PT Eureeka Great Nusantara was due to the inactivity of marketers in marketing the product because the marketers were dissatisfied with the incentives provided by the company and the marketers also had to increase working hours if sales targets had not been reached. Therefore, this research was conducted with the aim of provoking the influence of stimulation and workload on work productivity, as well as analyzing the effect of stimulation and workload on work productivity through motivation as an intervention variable. This research used a quantitative approach and was conducted at PT Eureeka Great Nusantara. Respondents in this study were 32 employees of the marketing division of PT Eureeka Great Nusantara. The data collection method used was a questionnaire with a four-category Likert Scale and interviews. The data obtained were analyzed using the PLS-SEM method with the SmartPLS 4.0 application. This study found that the influence of incentives on work productivity was positive but not significant, the influence of workload on work productivity was positive and significant, and motivation succeeded in mediating the influence of incentives and workload on work productivity, both of which were positive and significant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:55
Last Modified: 16 Jan 2024 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210967
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rachmawati Indah Dwie Agustine Afandi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item