Analisis Makna 风水 FĒNGSHUǏ Pada Bangunan Kelenteng Kwan Im Tong di Kota Batu

Safitri, Shelvi and Nurila Shanti Octavia, S.S., MTCSOL (2023) Analisis Makna 风水 FĒNGSHUǏ Pada Bangunan Kelenteng Kwan Im Tong di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Feng Shui merupakan ilmu dasar yang digunakan untuk mencari sebuah keseimbangan dan keselarasan dalam segala aspek kehidupan. Feng Shui memiliki beberapa prinsip dasar, diantaranya adalah prinsip qi, yin dan yang dan prinsip wu xing atau prinsip lima unsur. Kelenteng Kwan Im Tong merupakan salah satu tempat ibadah umat Konghucu, atau penganut Tri Dharma yang berada di Kota Batu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prinsip dasar feng shui apa yang diterapkan serta untuk mengetahui simbolisme cina yang ada pada Kelenteng Kwan Im Tong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil data yang ditemukan dalam penelitian ini sebanyak 16 data. Dari data tersebut ditemukan 4 prinsip 气 qì, 5 prinsip 五行 wǔxíng, 4 prinsip 阴阳 yīnyáng dan 3 simbolisme Cina.

English Abstract

风水是一门用于在生活的各个方面找到平衡与和谐的基本知识。风水 有几个基本原则,包括气、阴阳、五行。观音堂寺庙位于巴图市,是儒家或 三法信徒的礼拜。本论文在研究巴图城市观音堂寺庙建筑的风水原则和中国 文化象征主义。本研究采用定性描述研究方法。本研究获得了 13个风水原 则: 个气原则、 个五行原则、 个阴阳原则、与 个中国文化象征主义数 4543 据。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Budaya, Feng Shui, Kelenteng.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: maria
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:57
Last Modified: 16 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210961
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shelvi Safitri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item