Pratiwi, Ratih and Prof. Dr. Choirul Saleh,, M.Si. and Lestari Eko Wahyudi, S.AP., M.AP (2023) Implementasi Kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi pada SDN Klagen Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya sekolah yang melaksanakan kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara menumpang sehingga belum dapat melaksanakan ANBK secara mandiri dan rata-rata peserta didik belum mahir dalam mengoperasikan komputer, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan ANBK dalam meningkatkan mutu pendidikan beserta faktor pendukung dan penghambat beserta hasilnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di SDN Klagen Kabupaten Sidoarjo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Klagen dapat dilihat dari empat variabel yaitu: 1) komunikasi yang sudah dilakukan melalui adanya sosialisasi, bimbingan teknis, dan melalui grup whatsapp, 2) sumber daya di SDN Klagen sudah terpenuhi dan dapat dilihat dari sumber daya manusia yang sudah memiliki keterampilan yang sesuai, kewenangan yang sudah dilakukan dengan baik, informasi yang sudah disampaikan dengan jelas, dan sarana prasarana yang sudah mumpuni 3) sikap pelaksana yang menerima dengan baik kebijakan ANBK ini, saling mendukung, dan bekerja sama 4) struktur birokrasi yang terdapat dua karakteristik yakni SOP dan fragmentasi yang sudah jelas dan dapat dipahami oleh para pelaksana kebijakan. Selain itu faktor pendukung dalam implementasi kebijakan ANBK yaitu adanya komunikasi yang jelas dan konsisten, sumber daya yang mumpuni, dan sikap pelaksana yang saling mendukung, serta adanya dukungan dari instansi terkait, sedangkan faktor penghambat dari implementasi ANBK yaitu terdapat peserta didik pelaksana ANBK yang belum mahir dalam mengoperasikan komputer dan terdapat orang tua yang tidak mengikuti kegiatan sosialisasi. Hasil yang dicapai dari adanya implementasi kebijakan ANBK di SDN Klagen yaitu sekolah tersebut mendapatkan hasil rapor pendidikan yang baik dan mendapatkan peringkat atas.
English Abstract
This research is motivated because there are schools that carry out the Computer Based National Assessment (CBNA) policy so that they cannot carry out the CBNA independently and the average student is not proficient in operating computers, especially at the elementary school level. This research aims to describe and analyze the implementation of the CBNA policy in improving the quality of education along with supporting and inhibiting factors as well as the results achieved. This research uses a type of descriptive research with a qualitative approach located at SDN Klagen Sidoarjo Regency. The data sources used are primary and secondary data sources. The data collection techniques used are through interviews, observations, and documentation. The results of the research show that the implementation of the Computer Based National Assessment policy in improving the quality of education in SDN Klagen can be seen from four variables, namely: 1) communication that has been carried out through socialization, technical guidance, and through the whatsapp group, 2) the resources in SDN Klagen have been fulfilled and can be seen from human resources that already have appropriate skills, authority that have been done well, information that has been conveyed clearly, and infrastructure facilities that have been qualified 3) the attitude of implementing people who accept this CBNA policy well, support, and cooperate each other, 4) bureaucratic structure which has two characteristics, namely SOP and fragmentation where both things are clear and can be understood by policy implementers. In addition, supporting factors in the implementation of CBNA policies are supported by clear and consistent communication, qualified resources, and implementing attitudes that support each other, as well as support from related agencies, while the inhibiting factor from the implementation of CBNA is that there are students implementing CBNA who are not proficient in operating computers and there are parents who do not follow the socialization. The results achieved from the implementation of CBNA policies at SDN Klagen, namely that the school received good educational report results and get the top rank.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052303 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Mutu Pendidikan-Policy Implementation, Computer Based National Assessment, Quality of Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 06:43 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 06:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210958 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ratih Pratiwi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |