Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Wisatawan dengan Memorable Tourism Experience Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Wisatawan Jawa Timur Park 2)

Muhtada, Rizqon Adha (2023) Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Wisatawan dengan Memorable Tourism Experience Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Wisatawan Jawa Timur Park 2). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era globalisasi ini, pariwisata sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, setiap perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dituntut untuk dapat memberikan Kualitas Layanan yang maksimal, serta dapat membangun pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi wisatawan, yang berguna dalam meningkatkan Loyalitas Wisatawan dan menciptakan Memorable Tourism Experience. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis pengaruh Kualitas Layanan terhadap Memorable Tourism Experience pada Jawa Timur Park 2, (2) untuk menganalisis pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Wisatawan pada Jawa Timur Park 2, (3) untuk menganalisis pengaruh Memorable Tourism Experience terhadap Loyalitas Wisatawan pada Jawa Timur Park 2, (4) untuk menganalisis pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Wisatawan dengan Memorable Tourism Experience sebagai variabel mediasi pada Jawa Timur Park 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kausal dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang. Responden yang dipilih merupakan wisatawan yang pernah berkunjung ke Jawa Timur Park 2 minimal dua kali dan berusia minimal 17 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Layanan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Memorable Tourism Experience (Z). Kualitas Layanan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Wisatawan (Y). Memorable Tourism Experience (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Wisatawan (Y). Memorable Tourism Experience (Z) berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi Kualitas Layanan (X) terhadap Loyalitas Wisatawan (Y).

English Abstract

In this era of globalization, tourism has become a necessity for some people, especially in Indonesia. Therefore, every company operating in the tourism sector is required to be able to provide maximum Service Quality and to be able to build an unforgettable tourism experience for tourists, which helps increase Tourist Loyalty and create a Memorable Tourism Experience. The aims of this research are: (1) to analyze the influence of Service Quality on the Memorable Tourism Experience at Jawa Timur Park 2, (2) to analyze the influence of Service Quality on Tourist Loyalty at Jawa Timur Park 2, (3) to analyze the influence of Memorable Tourism Experience on Tourist Loyalty at Jawa Timur Park 2, (4) to analyze the influence of Service Quality on Tourist Loyalty with Memorable Tourism Experience as a mediating variable at Jawa Timur Park 2. This research is a type of causal study research with a quantitative approach. The number of samples used in this research was 116 people. The respondents selected were tourists who had visited Jawa Timur Park 2 at least twice and were 17 years old. The sampling technique used was non-probability sampling with a purposive sampling method. This research shows that Service Quality (X) positively and significantly affects the Memorable Tourism Experience (Z). Service Quality (X) positively and significantly affects Tourist Loyalty (Y). Memorable Tourism Experience (Z) positively and significantly affects Tourist Loyalty (Y). Memorable Tourism Experience (Z) has a positive and significant effect in mediating Service Quality (X) on Tourist Loyalty (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030035
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Memorable Tourism Experience, Loyalitas Wisatawan.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: agung
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:40
Last Modified: 16 Jan 2024 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210949
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizqon Adha Muhtada.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item