Setyawardani, Ranidya Ika and Perwangsa Nuralam, SE., MBA., Ph.D. (2023) Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Survei pada Pelanggan Starbucks Coffee di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Store Atmosphere dan Harga memiliki faktor penting dalam menciptakan Kepuasan Pelanggan, hingga dapat menimbulkan Loyalitas Pelanggan terhadap suatu produk. Store Atmosphere yang nyaman dan Harga produk yang sesuai dengan kualitas yang didapatkan oleh pelanggan, akan menciptakan rasa kepuasan bagi pelanggan tersebut. Pelanggan yang merasa puas dapat memutuskan untuk loyal terhadap produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Store Atmosphere dan Harga dalam mempengaruhi tingkat Kepuasan Pelanggan hingga menciptakan Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan Starbucks Coffee di Kota Malang yang pernah datang dan melakukan pembelian produk Starbucks Coffee. Penentuan jumlah responden pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini berbentuk survei secara online dengan menyebarkan kuesioner kepada 210 orang responden pelanggan Starbucks Coffee di Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Store Atmosphere berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan; 2) Harga berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan; 3) Kepuasan Pelanggan terbukti memediasi antara Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan; 4) Kepuasan Pelanggan terbukti memediasi semu antara Harga terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kenyamanan pada Store Atmosphere dapat menimbulkan Kepuasan Pelanggan serta yang dibuktikan dengan meningkatnya Loyalitas Pelanggan. Selain itu, Harga yang sesuai dengan apa yang akan didapatkan oleh pelanggan, secara langsung dapat menciptakan rasa kepuasan terhadap produk tersebut.
English Abstract
The most important factors that can build and gain more customers satisfaction and loyalities are the Store Atmosphere and the Price. A comfortable Store Atmosphere and Prices that suitable with the quality of the products will create a high satisfaction from this customers. Satisfied customers will decide to be loyal to the products. This study aims to prove the Store Atmosphere and Prices in influencing the level of Customer Satisfaction to create Customer Loyalty. This research used explanatory research with quantitative approach. The subject of this study is Starbucks Coffee customers in Malang City who had come and purchased Starbucks Coffee products. Determining the number of respondents in this study using purposive sampling. This research took the form of an online survey by distributing questionnaires to 210 Starbucks Coffee customer respondents in Malang City. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and path analysis. The results of this study indicated that 1) Store Atmosphere having a direct and significant effects on Customer Satisfaction; 2) Prices also having a direct and significant effects on Customer Satisfaction; 3) Customers Satisfaction already proven to mediate between Store Atmosphere and Customer Loyalty; 4) Customer Satisfaction already proven to mediate pseudo between Price and Customer Loyalty. This research shows that convenience in the Store Atmosphere can lead to Customer Satisfaction as well as evidenced by increasing Customer Loyalty. In addition, the prices that are suitable for what customers will get, can directly create a sense of satisfaction with the product.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052303 |
Uncontrolled Keywords: | Store Atmosphere, Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan-Store Atmosphere, Price, Customer Satisfaction, Customer Loyalty |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 06:29 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 06:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210936 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ranidya Ika Setyawardani.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |