Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Pesenkopi dan Paraiso Kota Malang.

Resanny Sembiring, Quicken and rof. Dr. Ir. Kliwon Hidayat,, MS. and Dr. Mofit Jamroni,, S.Pt., M.Si. (2023) Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Pesenkopi dan Paraiso Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya revolusi industri 4.0 yang menyebabkan adanya perkembangan teknologi. Adanya teknologi ini memunculkan berbagai media sosial yang dapat membantu masyarakat dalam kemudahan mendapat informasi. Kemudahan tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan usaha terlebih UMKM dengan melakukan promosi melalui sosial media. Sehingga UMKM dapat menjalankan perannya dalam menyerap tenaga kerja. Saat ini media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram, dengan adanya fitur-fitur yang diberikan oleh Instagram dapat memberikan kemudahan dalam mencari informasi terkait produk yang akan dibeli oleh calon konsumen seperti lokasi, menu, promo, dan link pemesanan online. Pesenkopi dan Paraiso merupakan kedai kopi yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media dalam melakukan promosi secara online. Berlokasi pada tempat yang banyak ditinggali mahasiswa dan mahasiswi yang umumnya merupakan konsumen kopi, menjadikan banyak kedai kopi lain yang membuka usahanya di sekitar lokasi tersebut. Banyaknya kedai kopi di sekitar kedua kedai kopi tersebut memunculkan persaingan antara kedai kopi. Oleh karena itu penelitian ini penting untuk dilakukan sehingga Pesenkopi dan Paraiso dapat meningkatkan kreativitas dalam melakukan promosi usahanya agar dapat mengembangkan usahanya dan bersaing dengan kedai kopi lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan social media marketing yang telah dilakukan Pesenkopi dan Paraiso melalui Instagram juga mengidentifikasi pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian di Pesenkopi dan Paraiso. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023 di Pesenkopi dan Paraiso yang ditentukan secara purposive dengan pertimbangan yaitu kedua lokasi terletak pada daerah yang sama. Kedua lokasi penelitian juga berada dekat dengan kampus dan tempat tinggal mahasiswa. Sampel yang diperlukan sebanyak 137 dengan menggunakan pendekatan Cohen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedai kopi Pesenkopi dan Paraiso memiliki cara yang berbeda dalam menerapkan keempat elemen social media marketing pada akun Instagramnya. Hal tersebut dapat diketahui dari konten dan informasi yang diberikan setiap akun. Selain itu hasil peneleitian menunjukkan bahwa setiap elemen dari social media marketing memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian di kedua kedai kopi tersebut. Elemen context, content, dan communication pada akun Instagram Pesenkopi memiliki tingkat pengaruh yang sama yaitu highly significant dan elemen connection memiliki tingkat pengaruh significant. Sedangkan pada akun Instagram Paraiso elemen context dan connection memiliki tingkat pengaruh significant, elemen content dan communication tidak berpengaruh signifikan.

English Abstract

This research is motivated by the industrial revolution 4.0 which led to technological developments. The existence of this technology has led to various social media that can help people easily get information. This convenience can be used to develop businesses, especially UMKMs by promoting through social media. So that UMKMs can carry out their role in absorbing labor. Currently the social media that is widely used is Instagram, with the features provided by Instagram it can make it easier to find information related to products that will be purchased by potential customers such as locations, menus, promos, and online ordering links. Pesenkopi and Paraiso is a coffee shop that uses Instagram social media for online promotions. Located in a place where many students and female students live who are generally coffee consumers, many other coffee shops have opened their businesses around that location. The number of coffee shops around the two coffee shops gave rise to competition between coffee shops. Therefore this research is important to do so that Pesenkopi and Paraiso can increase creativity in promoting its business so that it can develop its business and compete with other coffee shops. The purpose of this study is to describe the application of social media marketing that has been carried out by Pesenkopi and Paraiso through Instagram as well as identify the influence of social media marketing on purchasing decisions at Pesenkopi and Paraiso. This research was conducted in May 2023 at Pesenkopi and Paraiso which was determined purposively with the consideration that the two locations were located in the same area. The two research locations are also close to the campus and student residences. The required sample is 137 using the Cohen approach. The sampling technique used in this study used a non-probability sampling approach using a purposive sampling method. The data collection technique used was a questionnaire and analyzed using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis. The results of this study show that Pesenkopi and Paraiso coffee shops have different ways of implementing the four elements of social media marketing on their Instagram accounts. This can be seen from the content and information provided by each account. In addition, the results show that each element of social media marketing has an influence on purchasing decisions at the two coffee shops. The context, content, and communication elements on the Pesenkopi Instagram account have the same level of influence, that is, highly significant and the connection element has a significant level of influence. Whereas on the Paraiso Instagram account, the context and connection elements has a significant level of influence, the content and communication elements has no significant influence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:13
Last Modified: 16 Jan 2024 06:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210930
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Quicken Resanny Sembiring.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item