Analisis Pengaruh Mobile Service Quality (MS-Qual), Online Convenience dan E-Trust terhadap Online Purchase Decision (Survei Online Pada Pengguna Mobile Shoping Application di wilayah Kota Jakarta)

Mora,, Thio Pinggan and Aniesa Samira Bafadhal, S.AB, M. AB (2021) Analisis Pengaruh Mobile Service Quality (MS-Qual), Online Convenience dan E-Trust terhadap Online Purchase Decision (Survei Online Pada Pengguna Mobile Shoping Application di wilayah Kota Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengaruh antara MS-Qual, Online Convenience dan E-Trust dengan Online Purchase Decision merupakan suatu bentuk pemasaran online yang efektif untuk menciptakan keputusan pembelian online. MS-Qual, Online Convenience dan E-Trust yang diberikan pihak Tokopedia dapat menciptakan sebuah keputusan pembelian online. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah MS-Qual, Online Convenience dan E-Trust yang diberikan pihak Tokopedia berpengaruh terhadap Online Purchase Decision Jenis penelitian yang digunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi MS-Qual, Online Convenience, E-Trust dan Online Purchase Decision. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Wilayah DKI Jakarta. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 116 responden dengan instrument penelitian kuesioner online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu: 1) Masyarakat yang tinggal atau menetap di wilayah DKI Jakarta, 2) Pria atau Wanita dengan usia 17 tahun atau lebih, 3) Mengetahui Mobile Shopping Application Tokopedia, 4) Memiliki akun Mobile Shopping Application Tokopedia, 5) Pernah melakukan transaksi pembelian menggunakan Mobile Shopping Application Tokopedia Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa MS-Qual (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Online Purchase Decision (Y) dengan uji statistik t yaitu sebesar (4.617 > 1.982) dengan nilai signifikan p-value kecil dari a (0.000 < 0.050). Online Convenience (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Online Purchase Decision (Y) dengan uji statistik uji t yaitu sebesar (2.659 < 1.982) dengan nilai signifikan p-value kecil dari a (0.009 < 0.050). E-Trust (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Online Purchase Decision (Y) dengan uji statistic uji t yaitu sebesar (6.342 < 1.982) dengan nilai signifikan p-value kecil dari a (0.000 < 0.050). Dengan uji Determinasi (R2) variabel bebas MS-Qual (X1), Online Convenience (X2), E-Trust (X3) terhadap Online Purchase Decision (Y) melalui (R square) sebesar 0.542

English Abstract

The influence of MS-Qual, Online Convenience and E-Trust with Online Purchase Decision is an effective form of online marketing to create online purchasing decisions. MS-Qual, Online Convenience and E-Trust provided by Tokopedia can create an online purchase decision. This study aims to see whether the MS-Qual, Online Convenience and E-Trust provided by Tokopedia have an effect on the Online Purchase Decision. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. The variables studied include MS-Qual, Online Convenience, E-Trust and Online Purchase Decision. The population in this study are people who are in the DKI Jakarta area. The sample used in this study was 116 respondents with an online questionnaire research instrument. The sampling technique used is purposive sampling with sample criteria, namely: 1) People living or living in the DKI Jakarta area, 2) Male or female aged 17 years or more, 3) Knowing Tokopedia Mobile Shopping Application, 4) Having a Mobile account Tokopedia Shopping Application, 5) Have you ever made a purchase transaction using the Tokopedia Mobile Shopping Application? The results of multiple linear regression analysis showed that MS-Qual (X1) had a significant and positive effect on Online Purchase Decision (Y) with the t statistic test of (4,617 > 1,982) with a significant p-value of a small value of a (0.000 < 0.050). Online Convenience (X2) has a significant and positive effect on Online Purchase Decision (Y) with a t-test statistic test that is equal to (2.659 <1.982) with a significant p-value of a small value of a (0.009 < 0.050). E-Trust (X3) has a significant and positive effect on Online Purchase Decision (Y) with a statistical test t test that is equal to (6,342 < 1,982) with a significant p-value of a small value of a (0.000 < 0.050). With the Determination test (R2) the independent variable MS-Qual (X1), Online Convenience (X2), E-Trust (X3) against Online Purchase Decision (Y) through (R square) of 0.542

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: MS-Qual, Online Convenience, E-Trust, Online Purchase Decision, Mobile Shopping Application, M-Commerce-MS-Qual, Online Convenience, E-Trust, Online Purchase Decision, Mobile Shopping Application, M-Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 16 Jan 2024 05:41
Last Modified: 24 Sep 2024 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210924
[thumbnail of Thio Pinggan Mora.pdf] Text
Thio Pinggan Mora.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item