Pengaruh Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen @neo_coffee di Indonesia)

Harahap, Tania Diah Zulkarnain and Lusy Deasyana Rahma Devita,, S.AB., M.AB. (2023) Pengaruh Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen @neo_coffee di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi promosi menggunakan selebriti sebagai brand ambassador telah menjadi cara yang cukup populer untuk memicu niat konsumen menggunakan produk atau layanan dari sebuah brand. Diiringi dengan terus meningkatnya minat masyarakat terhadap K-Pop, brand-brand besar mulai memanfaatkan artis-artis K-Pop sebagai brand ambassador untuk menciptakan hubungan emosional yang lebih dekat antara merek dengan konsumen yang mana hal ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian serta penggunaan produk oleh konsumen. Salah satunya brand Neo-Coffee yang menggandeng Lucas Wong dari NCT. Penelitian ini berfokus pada analisis bagaimana pengaruh dari brand ambassador Lucas Wong terhadap keputusan pembelian produk Neo-Coffee, khususnya melalui Instagram. Tujuannya untuk mengetahui apa dampak positif serta seberapa besar pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online melalui direct message Instagram. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan pengujian hipotesis uji statistik t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Brand ambassador yang diwakili selebritis dapat membantu konsumen lebih menyukai produk tersebut melalui kedekatan emosional yang dimiliki antara brand ambassador dengan konsumen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi promosi menggunakan brand ambassador merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk.

English Abstract

The use of celebrities as brand ambassadors has become a popular way to stimulate consumers' intention to use brand’s products or services. With the increasing interest in K-Pop, major brands have started to use K-Pop celebrities as brand ambassadors to create a closer emotional relationship between brand and the customers in which this could influence consumer decision making and product usage. One example is the Neo-Coffee brand, which collaborated with Lucas Wong from NCT. This study focuses on analyzing the influence of brand ambassador Lucas Wong on the purchasing decision of Neo-Coffee products, particularly through Instagram. The aim is to determine the positive impact and how significant the brand ambassador influence in terms of consumers purchasing decisions. This study uses a quantitative research approach, specifically by doing a purposive sampling method in the sample selection process. The data collection was done by distributing online questionnaires via direct message on Instagram. The analysis method involves simple linear regression analysis with statistical hypothesis testing. The study results show that brand ambassadors have a significant influence on consumers' purchasing decisions. Brand ambassadors represented by top celebrities can help the consumers to like the products through the emotional closeness between brand ambassador and the customer. All in all, it can be concluded that a promotion strategy by using brand ambassadors is an effective strategy to raise brand awareness and have significant influence in purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: O52303
Uncontrolled Keywords: brand ambassador, keputusan pembelian, Instagram-brand ambassador, purchasing decision, Instagram
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 16 Jan 2024 05:00
Last Modified: 16 Jan 2024 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210914
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tania Diah Zulkarnain Harahap.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item