Manajemen Strategi Pelayanan Investasi (Studi pada: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gresik).

Darmawan, Rizky (2023) Manajemen Strategi Pelayanan Investasi (Studi pada: Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gresik). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dilakukannya penelitian ini adalah menjawab tantangan dan isu pelayanan perizinan investasi pada organisasi publik seperti kepuasan masyarakat dan pelayanan perizinan terintegrasi dalam menghadapi ketidak pastian, globalisasi dan perkembangan teknologi dalam rangka perbaikan kualitas pelayanan khusus dalam pelayanan administratif di bidang investasi dengan manajemen strategi. Manajemen Strategi adalah peta rencana yang terstruktur melalui perencanaan, implementasi dan evaluasi guna mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sedangkan konsep pelayanan adalah totalitas yang diberikan baik jasa, barang dan administratif yang memuaskan kebutuhan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan fokus menggunakan tahapan Stephen P. Robbins, 2010 seperti: perencanaan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi serta faktor pendukung dan penghambat. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara mendalam (Indepth interview), observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diberlakukan menggunakan Miles Huberman dan Saldana, 2014. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Gresik dengan situs penelitian pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Hasil temuan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gresik sebagai berikut: pertama, perencanaan strategi seperti: visi misi strategis, Dokumen Renstra (DPMPTSP) Kab. Gresik tahun (2021-2026), Kerjasama Mitra, dan Dokumen Laporan Kinerja (DPMPTSP) Kab. Gresik Tahun (2020-2021) sudah berjalan baik akan tetapi pengoptimalan perlu dilakukan secara komprehensif dalam hal kerjasama mitra tidak hanya secara regional melainkan menjalin secara internasional, kedua tahap implementasi strategi seperti: pojok (OSS), (CFD) Car Free Day, dan Sosialisasi: (FDG). Temuan pelaksanaan ini masih diperlukan pendekatan khusus pada sisi (FDG) dengan kearifan lokal melalui bahasa dengan kompetensi SDM Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gresik yang ideal. Dan tahap evaluasi strategi meliputi: Dokumen Laporan Kinerja (DPMPTSP) Kab. Gresik tahun 2022, hasil diklat dan surat kunjungan pemeriksaan. Pada tahap ini perbaikan yang lebih difokuskan adalah melalui surat pemeriksaan, hal ini masih menjadi persoalan akibat ketidakpatuhan pelaku usaha dalam melakukan pelaporan kegiatan modalnya. Adapun temuan pada faktor pendukung meliputi: kepemimpinan, dan Inovasi teknologi pelayanan. Faktor pendukung tersebut dapat dilakukan terusmenerus khususnya peran kepemimpinan yang sudah tercipta baik dengan inovasi yang diciptakan. dan pada faktor penghambat seperti: rendahnya kemampuan terhadap OSS bagi pelaku usaha, dan ketidak sesuaian data perizinan, harus dilakukan perbaikan seperti penggunaan Bahasa kearifan lokal yang mudah dipahami bagi pelaku usaha khususnya Kabupaten Gresik dan penyempurnaan data terintegrasi antara pusat dan daerah, khususnya Kabupaten Gresik Maka perbaikan yang harus dilakukan adalah mengoptimalkan dari berbagai hal seperti: memperluas kemitraan tidak hanya basis pelaksanaan melainkan menghasilkan makna, mempertajam pemahaman terhadap teknologi bagi pelaku usaha melalui kearifan lokal khususnya bahasa yang mudah dipahami Buku saku panduan perizinan (BSPP), memperkuat penegakan kepatuhan hukum, dilakukan pelatihan bimbingan teknologi (bimtek) secara berkala, dan penyesuaian terintegrasi data baik pusat dan daerah.

English Abstract

The purpose of this research is to answer the challenges and problems of investment licensing services in public organizations such as community satisfaction and integrated licensing services in the face of uncertainty, globalization and technological developments in order to improve the quality of special administrative services in the investment sector with strategic management. Strategic Management is a structured plan map through planning, implementation and evaluation in order to achieve goals effectively and efficiently. While the concept of service is the totality of services, goods and administrative services that satisfy the needs given. This study uses a qualitative descriptive type with a focus on using the stages of Stephen P. Robbin 2010 such as: strategic planning, strategy implementation and strategy evaluation as well as supporting and inhibiting factors. Collection of research data through in-depth interviews (in-depth interviews), direct observation and documentation. The data analysis technique used is Miles Huberman and Saldana, 2014. This research was conducted in Gresik Regency with research sites at the Investment and Integrated Services Agency (DPMPTSP). The findings at the Investment and One-Stop Services Office (DPMPTSP) Gresik Regency are as follows: first, strategic planning such as: strategic vision and mission, Strategic Plan Document (DPMPTSP) Kab. Gresik Year (2021-2026), Partner Cooperation, and Performance Report Documents (DPMPTSP) for Kab. The year Gresik (2020-2021) has been going well, but optimization needs to be carried out comprehensively in terms of partner cooperation not only regionally but internationally, both the stages of strategy implementation such as: (OSS) corner, (CFD) Car Free Day, and Socialization: (FDG). The findings of this implementation still require a special approach from the (FDG) side with local wisdom through language with ideal competence from the Investment and One-Stop Services Office (DPMPTSP) Gresik Regency. And the strategy evaluation stages include: Performance Report Document (DPMPTSP) Kab. Gresik in 2022, results of training and inspection visit letters. At this stage, improvements are more focused through inspection letters, this is still an obstacle due to non-compliance by business actors in reporting their capital activities. Supporting factor findings include: leadership, and service technology innovation. These supporting factors can be carried out on an ongoing basis, especially the leadership role that has been well created with the innovations created. and on inhibiting factors such as: low OSS capacity for business actors,and incompatibility of licensing data, improvements must be made such as using local wisdom language that is easily understood by business actors, especially Gresik Regency and increasing integrated data between the center and regions, especially Gresik Regency. So the improvements that must be made are optimizing various things such as: expanding partnerships not only on an implementation basis but creating meaning, sharpening understanding of technology for business actors through local wisdom, especially language that is easily understood by the Licensing Guidebook (BSPP), strengthening law enforcement, guidance training technology (bimtek) periodically, and adjustment of integrated data both central and regional.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0523030032
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Pelayanan Publik dan Investasi.
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: agung
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:32
Last Modified: 16 Jan 2024 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210875
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizky Dharmawan.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (25MB)

Actions (login required)

View Item View Item