Wahyudhi, Rahmat and Edlyn Khurotul Aini, S.AB., M.AB., M.BA (2023) Pengaruh Sikap, Motivasi, dan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis dan Administrasi Publik Angkatan 2020). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia memiliki jumlah penduduk sekitar 275.773.800 pada pertengahan tahun 2022 dan menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar nomor empat di dunia setelah China, Amerika, dan India (BPS, 2023). Namun rasio jumlah wirausaha di indonesia hanya sebesar 3,47%, jumlah ini masih kecil dibandingkan dengan negara lain seperti Singapura yang sudah mencapai 8,76%, Malaysia dan Thailand yang sudah diatas 4% dari total populasinya. Hal ini menunjukkan bahwa peluang untuk menjadi wirausaha masih terbuka luas dan dapat terus ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Sikap (X1), Motivasi (X2), dan E-Commerce (X3), terhadap Minat berwirausaha (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 263 responden yang didapat menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan adalah menggunakan kuesioner yang disebar menggunakan google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sikap berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. E-Commerce berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Sikap, Motivasi, dan E-Commerce secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha.
English Abstract
Indonesia had a population of around 275,773,800 in mid-2022 and is the fourth most populous country in the world after China, America and India (BPS, 2023). However, the ratio of the number of entrepreneurs in Indonesia is only 3.47%, this number is still small compared to other countries such as Singapore which has reached 8.76%, Malaysia and Thailand which are already above 4% of the total population. This shows that the opportunity to become an entrepreneur is still wide open and can be continuously improved. The purpose of this research is to determine and explain the influence of Attitude (X1), Motivation (X2), and E-Commerce (X3), on Entrepreneurial Intention (Y). This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The number of samples in this study were 263 respondents who were obtained using a proportional random sampling technique. The data collection method uses a questionnaire distributed using the Google form. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that Attitude has a significant effect on Entrepreneurial Intention. Motivation has a significant effect on Entrepreneurial Intention. E-Commerce has a significant effect on Entrepreneurial Intention. Attitudes, Motivation, and E-Commerce simultaneously have a significant effect on the Entrepreneurial Intention.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052303 |
Uncontrolled Keywords: | Sikap, Motivasi, E-Commerce, Minat Berwirausaha.-Attitude, Motivation, E-Commerce, Entrepreneurial Intention |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:55 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210838 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rahmat Wahyudhi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |