Penerapan Proses Sensorship Bahan Pustaka Pada Koleksi Perpustakaan Sekolah (Studi pada Perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo).

Ramadhanti, Rizkikha Fajrina (2023) Penerapan Proses Sensorship Bahan Pustaka Pada Koleksi Perpustakaan Sekolah (Studi pada Perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sensorship bahan pustaka adalah suatu kegiatan yang ditujukan sebagai kontrol atas informasi dan gagasan yang beredar dalam masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis penerapan proses sensorship bahan pustaka pada koleksi perpustakaan sekolah di Perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo serta Mendiskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat kegiatan sensor bahan pustaka pada koleksi perpustakaan sekolah di Perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses sensorship bahan pustaka pada koleksi perpustakaan sekolah di perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo antara lain Bahan Perpustakaan (Library Material), Kekuatan Positif dan Negatif (Positive and Negative Force), Gerbang (The Gates) dan Diterima atau Ditolak (Acceptance or Rejection). Adapun faktor pendukung proses sensorship bahan pustaka pada koleksi perpustakaan sekolah di perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo antara lain kesadaran pustakawan dalam memberikan bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan anak, koordinasi dan komunikasi antara pustakawan dengan pegawai terkait, kepekaan pustakawan terhadap koleksi dan segala aktivitas di dalam perpustakaan dan kepercayaan orang tua kepada perpustakaan dalam menyediakan bahan bacaan. Sedangkan faktor menghambat proses sensorship antara lain kurangnya tenaga kerja, luas perpustakaan, tidak adanya kebijakan tertulis mengenaiproses sensorship bahan pustaka pada koleksi perpustakaan dan kurangnya masukan dari orang tua maupun siswa terkait koleksi yang ada di perpustakaan.

English Abstract

Censorship of library materials is an activity aimed at controlling the information and ideas circulating in society. The purpose of this research is to describe and analyze the implementation of the censorship process of library materials in the school library collection at the Muhammadiyah 1 Sidoarjo Elementary School Library and to describe and analyze the supporting and inhibiting factors of censorship activities in the school library collection at the Muhammadiyah 1 Sidoarjo Elementary School Library. The type of research in this thesis uses descriptive research with a qualitative approach. The process of censorship of library materials in the school library collection at SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo library includes Library Material, Positive and Negative Force, The Gates and Acceptance or Rejection. The supporting factors for the process of censorship of library materials in the school library collection at SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo library include the awareness of librarians in providing library materials that are in accordance with the needs of children, coordination and communication between librarians and related employees, librarian sensitivity to collections and all activities in the library and parents' trust in the library in providing reading materials. While the factors inhibiting the censorship process include the lack of manpower, the size of the library, the absence of a written policy regarding the censorship process of library materials in the library collection and the lack of input from parents and students regarding the collections in the library.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030031
Uncontrolled Keywords: Sensorship, Bahan Pustaka, Koleksi, Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: agung
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:51
Last Modified: 16 Jan 2024 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210823
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizkikha Fajrina Ramadhanti.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item