Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Aplikasi Mobile JKN di Kota Malang

Khalda, Rahadatul Aisy and Dr. Drs. Siswidiyanto, MS. and Asti Amelia Novita, S.AP., M.AP., Ph.D., (2023) Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Aplikasi Mobile JKN di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) pengetahuan peserta BPJS Kesehatan terhadap aplikasi Mobile JKN di Kota Malang; (2) sikap peserta BPJS Kesehatan terhadap aplikasi Mobile JKN di Kota Malang; serta (3) perilaku peserta BPJS Kesehatan terhadap aplikasi Mobile JKN di Kota Malang. Selain itu, penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi pada penelitian ini berada di Kota Malang. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 828.123 peserta BPJS Kesehatan dengan jumlah sampel sebanyak 400 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan pendekatan random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan peserta BPJS Kesehatan terhadap aplikasi Mobile JKN di Kota Malang yang berada pada kategori baik memiliki persentase sebesar 65,75%, kategori cukup sebesar 18,50%, dan kategori kurang sebesar 16,75%. Selanjutnya, sikap peserta BPJS Kesehatan dengan kategori baik memiliki persentase sebesar 75,50%, kategori cukup sebesar 15,25%, dan kategori kurang sebesar 9,25%. Sedangkan perilaku peserta BPJS Kesehatan dengan kategori baik memiliki persentase sebesar 56,50%, kategori cukup sebesar 34%, dan kategori kurang sebesar 9,50%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pemerintah melalui BPJS Kesehatan disarankan untuk meningkatkan sosialisasi mengenai manfaat penggunaan aplikasi Mobile JKN. Selain itu, BPJS Kesehatan disarankan pula untuk meningkatkan kualitas layanan pada aplikasi Mobile JKN. Semakin tinggi tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku peserta BPJS Kesehatan, maka akan meningkatkan jumlah pengguna layanan aplikasi Mobile JKN.

English Abstract

This research aims to determine and analyze: (1) the knowledge of BPJS for Health participants towards the Mobile JKN application in Malang City; (2) the attitude of BPJS for Health participants towards the Mobile JKN application in Malang City; and (3) the behavior of BPJS for Health participants towards the Mobile JKN application in Malang City. Apart from that, this research is a type of descriptive research with a quantitative approach. The location of this research is Malang City. The total population in this study was 828,123 BPJS for Health participants with a sample size of 400 respondents. The sampling technique used is probability sampling with a random sampling approach. The data collection method in this research uses questionnaires and documentation. The data analysis technique used is univariate analysis. The research results showed that BPJS for Health participants knowledge of the Mobile JKN application in Malang City was in the good category at 65.75%, in the sufficient category at 18.50%, and in the bad category at 16.75%. Furthermore, the attitude of BPJS for Health participants in the good category has a percentage of 75.50%, the sufficient category is 15.25%, and the bad category is 9.25%. Meanwhile, the behavior of BPJS for Health participants in the good category has a percentage of 56.50%, the sufficient category is 34%, and the bad category is 9.50%. Based on the results of this research, the government through BPJS for Health is advised to increase outreach regarding the benefits of using the Mobile JKN application. Apart from that, BPJS for Health is also advised to improve the quality of service on the Mobile JKN application. The higher the level of knowledge, attitudes and behavior of BPJS for Health participants, the greater the number of users of the Mobile JKN application service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Mobile JKN-Knowledge, Attitude, Behavior, JKN Mobile
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:38
Last Modified: 16 Jan 2024 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210800
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rahadatul Aisy Khalda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item