Yuwan, Rasya and Dr. Sri Aju Indrowaty, S.Pd., M.Pd (2023) Analisis Pemahaman Makna De (で) Dan Ni (に) Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kesalahan partikel (Joshi) で(de) dan に(ni) yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2021 dan 2022. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data didapat dari hasil penyebaran tes dan angket kuesioner yang masing-masing berjumlah 10 soal melalui platform google forms. Kedua data disebarkan secara online/daring melalui aplikasi whatsapp. Hasil penelitian menunjukkan empat jenis kesalahan yang didasarkan pada teori Tarigan yaitu penyamarataan berlebihan (overgeneralization), ketidaktahuan akan pembatasan kaidah, penerapan kaidah yang tidak sempurna, dan salah menghipotesiskan konsep. Kesalahan penyamarataan berlebihan (overgeneralization) membuat mahasiswa seringkali terjebak dalam menggunakan pola tata bahasa yang sudah dikuasai sebelumnya, mengakibatkan pemahaman yang terlalu umum terhadap penggunaan partikel tersebut. Selain itu, beberapa mahasiswa cenderung menganggap bahwa partikel (Joshi) で(de) dan に(ni) dapat saling disubstitusikan, menunjukkan kurangnya pemahaman akan pembatasan kaidah. Penerapan kaidah yang tidak sempurna tercermin pada kesulitan memahami dan mengaplikasikan partikel-partikel tersebut dalam konteks kalimat, seringkali tertukar dan tanpa memperhatikan nuansa serta makna yang sesuai dengan kaidah kebahasaan. Kesalahan menghipotesiskan konsep menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa belum sepenuhnya memahami perbedaan makna antara partikel (Joshi) で(de) dan に(ni), menyebabkan penggunaan yang tidak tepat dalam kalimat-kalimat bahasa Jepang. Hasil dan temuan ini memberikan wawasan yang berharga untuk pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang dapat membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap penggunaan partikel dalam bahasa Jepang.
Other obstract
本研究の目的は、2021年度と2022年度の日本語教育課程学生の助詞「で」と「に」の誤りについて調査・分析することである。研究は記述的質的方法を用いた。データは、グーグルフォームを通して10問のテストとアンケートを配布した結果から得た。両データは、whatsappアプリケーションを通じてオンラインで配布された。その結果、タリガンの理論に基づく4種類のエラー、すなわち、過度の一般化、ルール制限の無視、ルールの不完全な適用、誤った概念の仮説が示された。過度の一般化エラーは、学生が以前に習得した文法パターンを使用することにしばしば行き詰まり、その結果、助詞の用法を過度に一般化して理解してしまう。また、助詞の「で」と「に」が互いに置き換えられると思い込んでいる学生もおり、規則上の制限を理解していない傾向が見られます。ルールの不完全な適用は、文の文脈でこれらの助詞を理解し適用することの難しさに反映され、しばしば混乱し、言語のルールに従ってニュアンスや意味を無視している。概念を仮定する際の誤りは、助詞「で」と「に」の意味の違いを十分に理解していない生徒がいることを示しており、日本語の文章の中で助詞を不適切に使用することにつながっている。これらの結果や知見は、日本語における助詞の用法についての学生の理解を深めるためのカリキュラム開発や教授法にとって貴重な示唆を与えるものである。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | Partikel (Joshi), Analisis Kesalahan Berbahasa, Semantik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | maria |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 03:20 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 03:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210766 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rasya Yuwan.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |