Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awareness sebagai variabel Intervening (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Nasi Kulit Malam Minggu @nasikulitmalamminggu)

Wardhani, Hana Vinie and Dr. Zainul Arifin, MS. (2023) Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awareness sebagai variabel Intervening (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Nasi Kulit Malam Minggu @nasikulitmalamminggu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji dan menggambarkan pengaruh variabel Social Media Marketing (X) terhadap Brand Awareness (Z). 2) Menguji dan menggambarkan pengaruh variabel Social Media Marketing (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y). 3) Menguji dan menggambarkan pengaruh variabel Brand Awareness (Z) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat tiga variabel yang diteliti yaitu Social Media Marketing (X), Brand Awareness (Z), dan Keputusan Pembelian (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner secara online dan diperoleh sampel sebanyak 107 orang responden yang merupakan Followers Aktif Akun Instagram Nasi Kulit Malam Minggu @nasikulitmalamminggu yang mengetahui merek Nasi Kulit Malam Minggu dan sudah pernah melakukan pembelian produk dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Social Media Marketing berpengaruh signifikan dan memiliki arah yang positif terhadap Brand Awareness (2) Brand Awareness berpengaruh signifikan dan memiliki arah yang positif terhadap Keputusan Pembelian (3) Social Media Marketing berpengaruh signifikan dan memiliki arah yang positif terhadap Keputusan Pembelian.

English Abstract

This research aims to (1) Examine and describe the influence of Social Media Marketing variables (X) on Brand Awareness (Z). 2) Examine and describe the influence of the Social Media Marketing variable (X) on Purchase Decisions (Y). 3) Examine and describe the influence of the Brand Awareness variable (Z) on Purchase Decisions (Y). The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. There are three variables studied, namely Social Media Marketing (X), Brand Awareness (Z), and Purchase Decisions (Y). Data collection was carried out by distributing questionnaires online and a sample of 107 respondents were obtained who were active followers of the Nasi Kulit Malam Minggu Instagram account @nasikulitmalammalamminggu who knew the Nasi Kulit Malam Minggu brand and had previously purchased the product using a simple random sampling technique. The data analysis used is Descriptive Analysis and Path Analysis. The results of this research show (1) Social Media Marketing has a significant influence and has a positive direction on Brand Awareness (2) Brand Awareness has a significant influence and has a positive direction on Purchase Decisions (3) Social Media Marketing has a significant influence and has a positive direction on Purchase Decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030656
Uncontrolled Keywords: SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND AWARENESS, KEPUTUSAN PEMBELIAN
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:35
Last Modified: 17 Jan 2024 08:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210760
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hana Vinie Wardhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item