Analisis Penggunaan Shuujoshi Na, Ne, Zo, dan Yo dalam anime Black Clover Episode 1-10.

Maharani, Rania and Dr. Sri Aju Indrowaty, S.Pd., M.Pd (2023) Analisis Penggunaan Shuujoshi Na, Ne, Zo, dan Yo dalam anime Black Clover Episode 1-10. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Jepang memiliki berbagai macam partikel yang sering digunakan dalam kalimat, salah satunya adalah partikel pada akhir kalimat yang disebut dengan shuujoshi. Partikel yang termasuk shuujoshi contohnya na, ne, yo, wa, ze, zo. Dalam penelitian ini, peneliti akan menganalisis fungsi shuujoshi na, ne, zo, dan yo serta mendeskripsikan penggunaan shuujoshi tersebut dalam anime Black Clover khususnya pada episode 1-10. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teori Naoko Chino, T. Chandra, dan Sudjianto untuk menganalisis data penelitian yang didapat. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 129 kalimat yang mengandung shuujoshi na, ne, zo, dan yo dalam anime Black Clover episode 1-10. Dari 129 kalimat tersebut, terdapat 33 kalimat yang mengandung shuujoshi na, 33 kalimat yang mengandung shuujoshi ne, 26 kalimat yang mengandung shuujoshi zo, dan 37 kalimat yang mengandung shuujoshi yo. Shuujoshi na dalam anime Black Clover episode 1-10 berfungsi untuk menunjukkan perasaan secara tegas, menunjukkan larangan kepada lawan bicara, dan menunjukkan perintah atau permintaan secara halus kepada lawan bicara. Shuujoshi ne dalam anime Black Clover episode 1-10 berfungsi untuk bertanya kepada lawan bicara untuk mendapatkan kepastian, meminta atau bertanya secara halus, dan menyatakan pujian, perasaan kagum, kecewa. kesal, maupun khawatir, dan sebagainya. Shuujoshi zo dalam anime Black Clover episode 1-10 berfungsi untuk menyatakan peringatan, menyatakan ancaman, memberi perintah, berbicara kepada diri sendiri untuk mendesak; menyemangati diri sendiri; menunjukkan perasaan terhadap sesuatu. Shuujoshi yo dalam anime Black Clover episode 1-10 berfungsi untuk menyatakan pernyataan dengan penekanan untuk memastikan dan menyatakan perasaan keberatan atau mencela dengan kata tanya.

Other obstract

日本語にはよく使われるさまざまな助詞があり、そのひとつに「終助詞」と呼ばれる文末の助詞である。終助詞に含める助詞には「な」、「ね」、「よ」、「わ」、「ぜ」、「ぞ」である。この研究では、「な」、「ね」、「ぞ」、「よ」の機能を分析し、アニメ『ブラッククローバー』、特に第1話から第10話における終助詞の使用について述べる。この研究は記述的質的研究法を用い、得られた研究データを分析するために、千野尚子、T.チャンドラ、大曽の理論を用いる。 研究の結果をもとに、アニメ「ブラッククローバー」第1話から第10話までには、「な」、「ね」、「ぞ」、「よ」の終助詞は129分がある。その129文のうち、「な」の終助詞は33文があり、「ね」の終助詞は33文、「ぞ」の終助詞は26文、「よ」の終助詞は37文がある。アニメ「ブラッククローバー」第1話~10話に、「な」の終助詞の機能は、相手にしっかりと気持ちを表す、禁止を伝え、命令や依頼をさりげなく伝えます。アニメ「ブラッククローバー」第1話~10話に、「ね」の終助詞の機能は、相手に確かなことを尋ねたり、さりげなく依頼したり、褒めたり、感心したり、がっかりしたり、動揺したり、心配したりする気持ちを表したりする。アニメ「ブラッククローバー」第1話~10話に、「ぞ」の終助詞の機能は、警告、脅し、命令、自分への語りかけ、励まし、何かに対する感情を表す。アニメ「ブラッククローバー」第1話~10話に、「よ」の終助詞の機能は、念を押すように強調した表現をしたり、疑問詞で反論や非難の気持ちを表したりする。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Shuujoshi, Penggunaan, Anime, Black Clover
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: maria
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:11
Last Modified: 16 Jan 2024 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210744
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rania Maharani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item