Zimah, Hamzah and Dr. Drs. Edy Yulianto, MP (2023) Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen serta dampaknya pada keputusan Pembelian (Survei pada pengguna e-commerce shopee Berdomisili di kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh antara Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen. 2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh antara Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian. 3) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh antara Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. 4) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh antara Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen. Metode Penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 3, yaitu Viral Marketing (X), Kepercayaan Konsumen (Z), dan Keputusan Pembelian (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 116. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form pada pengguna E Commerce Shopee. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Viral Marketing memiliki pengaruh langsung terhadap variabel Kepercayaan Konsumen dan variabel Keputusan Pembelian; Variabel Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian; dan variabel Viral Marketing berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian melalui Variabel Kepercayaan Konsumen sebagai variabel intervening.
English Abstract
This study aims to: 1) Knowing and explaining the effect of Viral Marketing on Consumer Trust. 2) Knowing and explaining the effect of Viral Marketing on Purchase Decisions. 3) Knowing and explaining the influence between Consumer Trust on Purchasing Decisions. 4) Knowing and explaining the effect of Viral Marketing on Purchase Decisions through Consumer Trust as an intervening variable. The research method used is explanatory research with a quantitative approach. There are 3 variables used in this study, namely Viral Marketing (X), Consumer Trust (Z), and Purchase Decision (Y). The sampling technique used purposive sampling with a total sample of 116. The data collection technique was through online questionnaires using the Google form for E Commerce Shopee users. Data analysis used is descriptive analysis and path analysis. The results of the study show that the Viral Marketing variable has a direct influence on the Consumer Trust variable and the Purchase Decision variable; The Consumer Trust variable has a positive effect on the Purchase Decision variable; and the Viral Marketing variable influences the Purchase Decision variable through the Consumer Trust Variable as an intervening variable.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030654 |
Uncontrolled Keywords: | Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 07:23 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 07:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210728 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hamzah Zimah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |