Pengaruh Need For Uniqueness, Country Of Origin dan Online Customer Review Terhadap Purchase Intention ( Survei Warga Pada Indonesia Yang Menjadi Pembeli Secara Online Di Zalora )

Giviantara, Muhammad Reza and Andriani Kusumawati,, S.Sos., M.Si., DBA. (2023) Pengaruh Need For Uniqueness, Country Of Origin dan Online Customer Review Terhadap Purchase Intention ( Survei Warga Pada Indonesia Yang Menjadi Pembeli Secara Online Di Zalora ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor peningkatan penggunaan internet pada era digitalisasi. Terlebih setelah beberapa tahun terakhir saat Indonesia dilanda pandemik Covid-19 yang merubah sedikit banyak adanya pola pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat atas kebutuhan hidup mereka. Penggunaan teknologi dalam pemenuhan kebutuhan hidup dari aspek fesyen inilah adanya intensi minat beli dengan platform e-commerce, dan salah satu e-commerce fesyen terbanyak digunakan adalah Zalora. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Need For Uniqueness, Country Of Origin, Online Customer Review Terhadap Purchase Intention secara parsial maupun simultan Purchase Intention. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling melalui kuisioner secara online kepada 116 orang responden yang sesuai dengan kriteria populasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi pengolahan data Statistical Product and Service Solution (SPSS) 26.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Need For Uniqueness, Country of Origin, Online Customer Review memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel Purchase Intention. Temuan lebih lanjut menyatakan Country of Origin memiliki pengaruh secara parsial paling signifikan dengan kondisi dan alasan yang lebih lanjut akan dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, Zalora disarankan untuk lebih memperhatikan Country of Origin untuk tetap menjaga konsumen – konsumennya mengingat Country of Origin adalah variable paling memiliki pengaruh signifikan pada penlitian ini. Hal ini dapat dilakukan dengan tetap menmjaga kualitas produk – produk terutama yang berasal dari negara maju dan negara yang ikonik dengan kualitas produk baik yang disukai masyarakat untuk meningkatkan minat untuk menggunakan aplikasi. Mengingat adanya keterbatasan dalam penelitian ini berupa wilayah geografis dan sampel diharapkan kedepannya ada penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh terhadap Purchase Intention baik dengan pengaruh variabel yang sama maupun variabel berbeda dalam pengembangan kedepannya.

English Abstract

The development of technology has become one of the factors of increased use of the Internet in the era of digitalization. Especially after the last few years when Indonesia was hit by a Covid-19 pandemic that changed a lot of the pattern of fulfilling the needs of society over their needs of life. The use of technology in fulfilling the needs of life from the aspect of fashion is the intensity of purchase interest with e-commerce platforms, and one of the most widely used fashion ecommerce is Zalora. The research aims to identify and analyze the impact of Need For Uniqueness, Country Of Origin, Online Customer Review on partial and simultaneous Purchase Intention. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. Sampling using non-probability sampling method with purposive sampler technique through online questionnaires to 116 respondents that match the population criteria. The data analysis used in this study is descriptive statistical analysis and double linear regression analysis using Statistical Product and Service Solution (SPSS) 26.0 for Windows data processing application. These findings show that Need for Uniqueness, Country of Origin, Online Customer Review have simultaneous influence on the Purchase Intention variable. Further findings suggest that Country of Origin has the most partially significant influence with conditions and reasons that will be further explained in this study. Based on the results of this study, Zalora is advised to pay more attention to Country of Origin to keep consumers – its consumers consider that country of Origin is the most variable having a significant influence on this rating. This can be done by keeping up with the quality of products – products mainly coming from developed countries and iconic countries with good quality products preferred by the public to increase interest in using the application. Given the limitations in this study of geographical area and sample, further research is expected to be conducted on the influence on Purchase Intention both with the same variable influence and different variables in its future development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030681
Uncontrolled Keywords: Need For Uniqueness, Country Of Origin, Online Customer Review, Purchase Intention
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:23
Last Modified: 17 Jan 2024 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210725
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Reza Giviantara.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item