Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Bagian Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Bangil Kabupaten Pasuruan).

Nahar, Evarda Febrianti Putri and Dr. Tri Yumarni, S.I.P., M.Si and Dr. Niken Lastiti Veri Anggaini, SAP, MAP (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Bagian Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Bangil Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu faktor penentu kepuasan masyarakat adalah kualitas pelayanan dan tarif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan dan tarif berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan dan tarif terhadap kepuasan pelanggan pada RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan secara parsial dan simultan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif yang berlokasi di RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan. Variabel dalam penelitian ini meliputi kualitas pelayanan (X1), tariff (X2) dan kepuasan masyarakat (Y). Sampel pada penelitian ini yaitu 100 responden. Data diperoleh langsung dari responden dengan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji f, uji t, dan R2 yang diolah menggunakan SPSS for windows 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kualitas Pelayanan (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) sebesar 0,388, (2) Tarif (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) sebesar 0,885. Hasil total Adjusted R2 sebesar 0,451 menunjukkan bahwa pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) dan Tarif (X2) berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) sebesar 0,451, sedangkan sisanya 0,549 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

English Abstract

One of the determinants of community satisfaction is service quality and rates. The problem in this study is whether service quality and tariffs affect community satisfaction at Bangil Hospital, Pasuruan Regency partially and simultaneously. The purpose of this study was to determine the influence of service quality and tariffs on customer satisfaction at Bangil Hospital, Pasuruan Regency partially and simultaneously. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach located at Bangil Hospital, Pasuruan Regency. The variables in this study include service quality (X1), tariffs (X2) and community satisfaction (Y). The sample in this research is 100 respondents. Data obtained directly from respondents with research instruments using a questionnaire. Data analysis included descriptive analysis, classical assumption test, multiple linear regression analysis test, f test, t test, and R2 which were processed using SPSS for windows 26. The results showed that: (1) Quality of Service (X1) has a significant influence on Community Satisfaction (Y) of 0.388, (2) Tariff (X2) has a significant influence on Community Satisfaction (Y) of 0.885. The total adjusted R2 result of 0.451 indicates that the effect of Service Quality (X1) and Tariff (X2) has an effect on Community Satisfaction (Y) of 0.451, while the remaining 0.549 is influenced by other variables not examined in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Tarif, Kepuasan Masyarakat-Service Quality, Tariff, Community Satisfaction
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:42
Last Modified: 16 Jan 2024 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210700
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Nahar.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item