Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan di Toko Specs Kota Malang)

Indirwan, Hafizd Azhar and Dahlan Fanani, Drs., M.AB (2023) Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan di Toko Specs Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan di Toko Specs Kota Malang)”. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan adanya pengaruh Variabel Bebas Citra Perusahaan, Citra Produk, Citra Pemakai, Reliabilitas, Daya Tangkap, Jaminan, Empati, dan Bukti Fisik terhadap Variabel Terikat yaitu Kepuasan Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research melalui pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden yang pernah membeli lebih dari dua kali di Toko Specs Kota Malang dalam 6 bulan terakhir. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 25 for windows dengan metode pengumpulan sampel menggunakan metode Purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Uji Simultan (Uji-F) diperoleh nilai Fhitung 10.306 > Ftabel 3.08 atau signifikansi F 0.000 < 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa Variabel Citra Perusahaan, Citra Produk, Citra Pemakai, Reliabilitas, Daya Tangkap, Jaminan, Empati, dan Bukti Fisik memiliki pengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan. Pada Uji Parsial (Uji-t) Variabel Citra Perusahaan, Citra Produk, Citra Pemakai, Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Bukti Fisik memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kualitas Pelayanan.

English Abstract

This research is entitled "The Influence of Brand Image and Service Quality on Costumer Satisfaction (Survey on Costumer at Specs Shop in Malang City)". The purpose of this study is to explain the influence of the independent variables Corporate image, Product image, User image, Reliability, Responsiveness, Asurance, Emphaty, and Tangibel on the dependent variable, namely Costumer Satisfaction. The type of research used is Explanatory Research through a quantitative approach. The number of samples used in this study were 116 respondents from who are Specs Shop customers in Malang City and have purchased at Specs Shop in malang two or more times in the past six month. The data analysis method in this study used SPSS 25 for windows software with the sample collection method using the Purposive sampling method. Data analysis used is descriptive analysis and multiple Linier regression analysis. The results showed that the results of the Simultaneous Test (F-Test) obtained a value of Fcount 10.306 > Ftabel 3.08 or signifikansi F 0.000 < 0.05, so that H0 was rejected and H1 was accepted. It can be concluded that Corporate Image, Product Image, User image, Reliability, Responsiveness, Asurance, Emphaty, and Tangibel have a simultaneous influence on Costumer Satisfaction. In the Partial Test (t-test) Corporate image, Product image, User Image, Reliability, Responsiveness, Asurance, Emphaty, and Tangibel have a partially positive and significant effect on Costumer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030652
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2024 05:36
Last Modified: 17 Jan 2024 05:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210694
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HAFIZD AZHAR INDIRWAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item