Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dalam Pengelolaan Pendidikan (Studi di Wilayah Kerja Dinas Pendidikan Kota Malang).

Nanda, Putri Eka and Siswidiyanto, Dr.,Drs., MS and Taufiq Akbar Al Faj'ri, SS.,M.Pd. (2023) Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dalam Pengelolaan Pendidikan (Studi di Wilayah Kerja Dinas Pendidikan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesuksesan sistem informasi manajemen Dapodik dalam pengelolaan pendidikan di Kota Malang berdasrkan teori kesusksesand dari McLean dan DeLone. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, SDN Sumbersari 1, SDN Sumbersari 2, SMPN 3 dan SMPN 12 Kota Malang. Metode penelitian menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu keadaan atau peristiwa dalam menjawab pertanyaan penting penelitian. Sumber data dalam penelitian ini berdasarkan pada model kesuksesan DeLone & McLean diterapkan pada penelitian ini untuk menilai kesuksesan sebuah sistem informasi manajemen, yang terdiri dari enam indikator yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode analisis data model interaktif (Miles, Huberman, & Saldana). Hasil penelitian yaitu menunjukkan bahwa dalam kesuksesan sebuah sistem informasi Dapodik sudah baik, namun masih terdapat masalah atau hambatan yang dialami oleh operator. Hambatan tersebut mengarah pada pengetahuan operator baru, koneksi Internet, dan server. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa pengetahuan operator khususnya operator baru dalam pelaksanaan sistem informasi Dapodik dalam dalam pengelolaan pendidikan sudah cukup baik, namun terdapat hambatan lain yaitu Sistem Aplikasi dapodik setiap tahun atau setiap semester mengalami perubahan dan kurangnya bantuan dari guru-guru dalam hal kelengkapan berkas dari mereka sendiri, koneksi Internet dalam hal pelaksanaan sistem aplikasi Dapodik. Indikator-indikator kesusksesan dalam sistem informasi Dapodik memberikan peluang bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Sistem informasi Dapodik memberikan banyak manfaat bagi pengelolaan pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan operator dan pendidik yang berkualitas yang dapat menciptakan kondisi agar semua komponen saling terkait dan dapat bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan sekolah.

English Abstract

This research aims to determine the extent of success of the Dapodik management information system in managing education in Malang City based on McLean and DeLone's theory of success. The location of the research was at the Malang City Education and Culture Office, SDN Sumbersari 1, SDN Sumbersari 2, SMPN 3 and SMPN 12 Malang City. The research method uses a descriptive qualitative approach which aims to reveal a situation or event in answering important research questions. The data source in this research is based on the DeLone & McLean success model applied in this research to assess the success of a management information system, which consists of six indicators, namely information quality, system quality, service quality, usage, user satisfaction, and net benefits. The data sources in this research consist of primary data and secondary data using interactive model data analysis methods (Miles, Huberman, & Saldana). The results of the research show that the success of the Dapodik information system is good, but there are still problems or obstacles experienced by operators. These obstacles lead to knowledge of new operators, Internet connections, and servers. Based on the description of the research results and discussion, it is concluded that the knowledge of operators, especially new operators, in implementing the Dapodik information system in education management is quite good, but there are other obstacles, namely the Dapodik Application System changes every year or every semester and there is a lack of assistance from teachers in in terms of completeness of their own files, Internet connection in terms of implementing the Dapodik application system. Success indicators in the Dapodik information system provide opportunities for schools to improve the quality of education in schools. The Dapodik information system provides many benefits for education management. Therefore, qualified operators and educators are needed who can create conditions so that all components are interrelated and can work together well to achieve school goals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: dapodik, kesuksesan, operator, Kota Malang.-dapodik, success, operator, Malang City.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:37
Last Modified: 16 Jan 2024 02:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210687
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Eka Nanda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item