Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Hotel pada aplikasi Traveloka (Survei Pada Pengguna Traveloka Masyarakat Kota Jakarta)

Siregar, Muhammad Ikhwan Fawwaz and Dr. Dra. Maria Goretti Wi Endang, NP. M.Si (2023) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Hotel pada aplikasi Traveloka (Survei Pada Pengguna Traveloka Masyarakat Kota Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian produk hotel pada aplikasi Traveloka khususnya masyarakat Kota Jakarta secara parsial dan simultan. Variabel independen pada penelitian ini adalah Online Customer Review dan Online Customer Rating serta Keputusan Pembelian sebagai variabel dependen. Jenis penelitian pada Skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Penelitian ini menggunakan 115 responden sebagai sampel penelitian yaitu masyarakat Kota Jakarta yang menggunakan Traveloka. Sumber data diperoleh dari data primer dengan menyebarkan kuesioner Google Form dengan analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan secara parsial, online customer rating berpengaruh positif dan signifikan secara parsial, dan online customer review & online customer rating secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian

English Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of Online Customer Reviews and Online Customer ratings on Purchasing Decisions for hotel products on the Traveloka application, especially the people of Jakarta City, partially and simultaneously. The independent variables in this study are Online Customer Reviews and Online Customer Rating and Purchasing Decisions as the dependent variable. This thesis's research type is a quantitative approach with an explanatory research method. This study used 115 respondents as a research sample, namely the people of Jakarta who use Traveloka. The data source was obtained from primary data by distributing Google Form questionnaires with data analysis, namely descriptive analysis and inferential analysis using SPSS 27. The results of this study indicate that online customer review has a positive and significant effect partially, online customer rating has a positive and significant effect partially, and online customer review and online customer rating have a positive and significant effect simultaneously on purchasing decisions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030674
Uncontrolled Keywords: Review, Rating, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2024 05:35
Last Modified: 17 Jan 2024 05:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210678
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Ikhwan Fawwaz Siregar.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item