Analisis Perbandingan Pendapatan Usahatani Padi Skala Kecil Yang Melakukan Adaptasi Perubahan Iklim Dan Yang Tidak Melakukan Adaptasi Perubahan Iklim Di Desa Randuagung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Panggabean., Hafizhoh Arevi and Deny Meitasari,, SP., M.Sc. (2023) Analisis Perbandingan Pendapatan Usahatani Padi Skala Kecil Yang Melakukan Adaptasi Perubahan Iklim Dan Yang Tidak Melakukan Adaptasi Perubahan Iklim Di Desa Randuagung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan iklim merupakan isu global yang populer karena terjadinya perubahan pada beberapa parameter iklim seperti curah hujan, kelembaban udara, suhu, kondisi awan, radiasi matahari maupun angin. Salah satu anomali iklim yang dapat mempengaruhi tanaman semusim adalah fenomena el nino. Fenomena el nino menyebabkan kemarau berkepanjangan, jumlah curah hujan semakin rendah dan hari hujan semakin berkurang. Fenomena el nino sering terjadi di wilayah Indonesia dan menyebabkan penurunan produksi padi. Fenomena tersebut sangat berdampak pada petani padi terutama petani yang memiliki luas lahan dengan skala kecil. Penurunan produksi tersebut sangat berdampak terhadap pendapatan petani. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis pendapatan usahatani padi yang melakukan adaptasi perubahan iklim dan yang tidak melakukan adaptasi perubahan iklim; (2) menganalisis perbedaan tingkat produksi dan pendapatan antara petani yang melakukan adaptasi perubahan iklim. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 di Desa Randuagung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode survei pendahuluan dan wawancara di lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah petani padi yang melakukan penanaman pada musim tanam Juli-Oktober di Desa Randuagung, Kecamatan Singosari. Metode penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode sensus. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 34 petani yang melakukan adaptasi perubahan iklim dengan pengguanaan varietas sesuai musim dan 16 petani yang tidak melakukan adaptasi perubahan iklim. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik desriptif, analisis pendapatan dan analisis perbedaan pendapatan serta produksi (ujit)

English Abstract

Climate change is a global issue that has gained popularity due to changes in various climate parameters such as rainfall, humidity, temperature, cloud conditions, solar radiation, and wind. One climate anomaly that can affect annual crops is the phenomenon of El Niño. El Niño phenomenon leads to prolonged drought, decreasing rainfall, and fewer rainy days. El Niño phenomenon often occurs in Indonesia and results in a decline in rice production. This phenomenon has a significant impact on rice farmers, especially those with small-scale land holdings. The decrease in production greatly affects farmers' income. This research aims to: (1) analyze the income of rice farming businesses that have adapted to climate change and those that have not; (2) analyze the differences in production levels and income between farmers who have adapted to climate change. The research was conducted in October 2022 in Randuagung Village, Singosari District, Malang Regency. The research approach used in this study is a quantitative approach. Data collection was done through surveys and field interviews. The population in this study consists of rice farmers who planted their crops during the July-October planting season in Randuagung Village, Singosari District. The respondents were determined using a census method. The respondents included 34 farmers who adapted to climate change by using appropriate seasonal varieties and 16 farmers who did not adapt to climate change. The analysis methods used in this study were descriptive statistical analysis, income analysis, and analysis of income and production differences (t-test).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:28
Last Modified: 16 Jan 2024 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210676
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hafizhoh Arevi Panggabean.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item