Hilmi, Muhammad Harits and Wilopo,, Dr. Drs., MAB (2023) Analisis Interaksi Pengguna Twitter Mengenai Industri NFT Menggunakan Social Network Analysis (Studi Kasus: Karafuru, The Superlative Secret Society, Si Juki: Lost in Jukiverse, Ghozali Everyday & Mindblowon). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, aset-aset digital mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi secara global. NFT merupakan salah satu aset digital berbasis blockchain yang dapat berupa foto, gambar, video, in-game item dan lain-lain. Viralnya fenomena NFT di Indonesia telah mendobrak industri NFT sehingga merek�merek NFT mampu untuk menghasilkan jutaan hingga milyaran rupiah. Perusahaan atau seorang individu yang memiliki merek NFT menggunakan media sosial untuk memenuhi kebutuhan pemasaran, salah satunya adalah media sosial Twitter. Konten yang dibuat dan diunggah pengguna Twitter dapat digunakan sebagai data untuk melihat perbincangan yang terjadi terkait suatu topik NFT. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktor sentral dan customer engagement yang terbentuk dari implementasi Social Customer Relationship Management SCRM dengan menggunakan Social Network Analysis (SNA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun-akun resmi dari setiap objek penelitian adalah key influencer pada jaringannya tersendiri dan KarafuruNFT merupakan merek dengan customer engagement yang lebih optimal karena unggul di beberapa nilai properti jaringan
English Abstract
In tandem with the rapid advancement of technology, digital assets have experienced substantial global growth. Non-Fungible Tokens (NFTs) represent a type of blockchain�based digital asset that can take various forms, such as photos, images, videos, in-game items, and more. The viral phenomenon of NFTs in Indonesia has disrupted the NFT industry, enabling NFT brands to generate millions to billions of Indonesian Rupiah. Companies or individuals possessing NFT brands employ social media, including platforms like Twitter, to fulfill their marketing needs. Content created and shared by Twitter users can serve as data for understanding discussions related to NFT topics. This research aims to identify central actors and customer engagement resulting from the implementation of Social Customer Relationship Management (SCRM) through the use of Social Network Analysis (SNA). The findings of this study reveal that the official accounts of each research subject function as key influencers within their respective networks & KarafuruNFT stands out as a brand with more optimal customer engagement due to its superior performance across various network property metrics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030673 |
Uncontrolled Keywords: | NFT, Social Customer Relationship Management, Social Network Analysis, Key Influencer |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 04:11 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 04:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210673 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Harits Hilmi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |