Faishal, Muhammad and Dr. Drs. Edy Yulianto,, MP (2023) Pengaruh Diskon, Product Rating, dan Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Pengguna Platform Tokopedia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian, menjelaskan pengaruh product rating terhadap keputusan pembelian, menjelaskan pengaruh promo gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian, dan menjelaskan pengaruh diskon, product rating, dan promo gratis ongkos kirim secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini adalah Diskon, Product Rating, Promo Gratis Ongkos Kirim, dan Keputusan Pembelian. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya pengguna platform Tokopedia. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling dan dengan metode pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS 25 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Diskon (X1), Product Rating (X2), dan Promo Gratis Ongkos Kirim (X3) masing-masing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Variabel Diskon (X1), Product Rating (X2), dan Promo Gratis Ongkos Kirim (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y)
English Abstract
This study aims to explain the effect of discounts on purchasing decisions, explain the effect of product ratings on purchasing decisions, explain the effect of free shipping promos on purchasing decisions, and explain the effect of discounts, product ratings, and free shipping promos together on purchasing decisions. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. The variables in this study are Discounts, Product Ratings, Free Shipping Promos, and Purchasing Decisions. The population of this study were undergraduate students of Universitas Brawijaya who using the Tokopedia platform. The sample used in this study was 116 respondents who were taken using purposive sampling technique and with a data collection method in the form of a questionnaire. The data analysis used was descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis which was processed using SPSS 25 for Windows. The results of this study indicate that the variables Discount (X1), Product Rating (X2), and Free Shipping Promo (X3) each partially have a significant effect on the Purchasing Decision variable (Y). The variables Discount (X1), Product Rating (X2), and Free Shipping Promo (X3) simultaneously have a significant effect on the Purchasing Decision variable (Y).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030667 |
Uncontrolled Keywords: | Diskon, Product Rating, Promo Gratis Ongkos Kirim, Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 03:06 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 03:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210602 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Faishal.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |