Sunandar, Amalia Sekarifni and Mukhammad Kholid Mawardi, S.Sos, MAB, P.hD (2022) Pengaruh Promosi pada Media Sosial Terhadap Minat Beli (Survei pada Konsumen Kosmetik Rollover Reaction di DKI Jakarta dan Jawa Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh sebuah Promosi pada Media Sosial yang terbentuk dari faktor Personal Relevance (X1), Interactivity (X2), Message (X3) dan Brand Familiarity (X4) secara simultan maupun parsial terhadap Minat Beli (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah wanita dan laki-laki berusia 18-35 tahun yang berdomisili di DKI Jakarta dan Jawa Barat, serta merupakan konsumen dari kosmetik Rollover Reaction. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling, dan pengumpulan data menggunakan kuesioner online kepada 116 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel personal relevance, interactivity, message, dan brand familiarity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Sementara itu, secara parsial, hanya variabel brand familiarity yang berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk memahami promosi pada media sosial yang lebih baik serta meningkatkan kualitas dari setiap faktor promosi agar menarik minat beli konsumen.
English Abstract
The purpose of this study is to determine and explain the influence of an Online Promotion which is formed from Personal Relevance (X1), Interactivity (X2), Message (X3) and Brand Familiarity (X4) factors simultaneously or partially on Purchase Interest (Y). This type of research is explanatory with a quantitative approach. The analytical method in this research is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The population criteria in this study are women and men aged 18-35 years old who live in DKI Jakarta and West Java, and the consumers of Rollover Reaction cosmetics. The sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling method, and data collection using an online questionnaire to 116 respondents. The results of this study indicate that the personal relevance, interactivity, message, and brand familiarity variables simultaneously have significant effect on purchase intention. Meanwhile, partially, only brand familiarity variable has a significant effect on purchase intention. The implications of the results of this study are expected to be useful for companies to understand better online promotion in social media and improve the quality of each online promotion factor in order to attract consumer purchase intention
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052303 |
Uncontrolled Keywords: | Promosi Media Sosial, Personal Relevance, Interactivity, Message, Brand Familiarity, Minat Beli, Kosmetik-Online Promotion, Social Media, Personal Relevance, Interactivity, Message, Brand Familiarity, Purchase Intention, Cosmetics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Emy Sukartini |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:43 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210572 |
Text (Dalam masa EMBARGO)
AMALIA SEKARIFNI SUNANDAR.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |