Tingkat Perhatian Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya terhadap Label Informasi Nilai Gizi pada Produk Pangan Olahan Kemasan.

GAUTAMA, GHANIA ARDELIA and Rachman Hartono,, SP., MP and Novi Haryati,, SP., MP (2023) Tingkat Perhatian Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya terhadap Label Informasi Nilai Gizi pada Produk Pangan Olahan Kemasan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Label Informasi Nilai Gizi (ING) merupakan label yang tercantum dalam produk pangan olahan kemasan, yang berfungsi sebagai sumber informasi gizi bagi konsumen ketika akan membeli sebuah produk. Pencantuman label ING pada kemasan menjadi cara mudah bagi konsumen untuk mengetahui jumlah serta jenis gizi pada produk setiap kali konsumen mengonsumsi produk. Perhatian konsumen pada label ING merupakan salah satu bentuk kesadaran konsumen pada kesehatan. Namun, perhatian pada label ING masih rendah pada beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Padahal, label ING berfungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat untuk dapat memilih pangan olahan sesuai dengan kebutuhan gizi tertentu. Ketika konsumen tidak memperdulikan produk yang dikonsumsinya, maka akan ada risiko munculnya Penyakit Tidak Menular (PTM). Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi mikroorganisme, dimana penyakit ini bertanggungjawab terhadap sedikitnya 70% kematian dunia. Penyakit ini juga menggeser tipe penyakit menular menjadi tipe penyakit tidak menular sebagai penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat perhatian konsumen terutama mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya terhadap label ING pada produk pangan kemasan, serta melihat perbedaan proporsi tingkat perhatiannya pada faktor jenis kelamin dan seniority level.

English Abstract

Nutrition Facts Label is a food label on packaged processed food product, which served as a source of nutrition information for the consumer when they purchase a food product. Label placement on the food package provides an easy way for consumers to determine the amount and type of nutrition in the product before the consumer decides to consume the product. Consumer attention on the label is a form of consumer awareness on their health issues but consumer attention on the label is still low on some of the research that has been done previously. When consumers ignore the nutrition on product they consumed, there is a risk of noncommunicable disease. Non-communicable disease is not caused by a microorganism infection, and being responsible for at least 70% of the world's deaths. It also shifts communicable disease types into non-communicable types of diseases as the leading cause of death in Indonesia. Thus, the study was conducted to analyze consumer attention levels on the Faculty of Agricuture’s students in Brawijaya University towards nutrition facts label on packaged processed food, and to see the proportion differences of their attention levels between gender and seniority level factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:38
Last Modified: 16 Jan 2024 01:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210564
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ghania Ardelia Gautama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item