Penerapan Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Dalam Mewujudkan Smart Governance di Kabupaten Tangerang (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang)

Zharif, Muhammad Atha and Mujibur Rahman Khairul Muluk,, DR., S.Sos., M.Si and Nurjati Widodo, S.AP., M.AP (2023) Penerapan Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Dalam Mewujudkan Smart Governance di Kabupaten Tangerang (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik diartikan sebagai segala aktivitas pemerintah dalam memberikan kebutuhan masyarakat. Pelayanan yang efektif, efisien dan akuntabel juga dibutuhkan pemerintah dalam melaksanakan tugasnya. Hal tersebut dapat terwujud apabila adanya peningkatan kualitas dalam pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat khususnya secara elektronik. Pada Pemerintahan Kabupaten Tangerang Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai motorik dalam pelaksanaan tugas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan bagaimana peranan Diskominfo Kabupaten Tangerang dalam memberikan pelayanan publik secara elektronik kepada masyarakat, sekaligus untuk mewujudkan pemerintahan yang cerdas (smart governance). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dibatasi oleh fokus penelitian, yaitu (1) penerapan pelayanan publik berbasis elektronik berdasarkan indikator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), (2) penerapan pelayanan publik berbasis elektronik dalam mewujudkan smart governance, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pelayanan publik berbasis elektronik. Metode analisis data yang digunakan adalah Model Interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana edisi keempat (2014) dengan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pelayanan publik secara elektronik di Kabupaten Tangerang sudah dapat dikatakan berjalan dengan baik. Dengan melihat beberapa indikator dalam SPBE, pelayanan tersebut sudah diterapkan dengan efektif dan efisien. Adanya keterlibatan partisipasi dari masyarakat, bentuk transparansi pemerintah dan upaya peningkatan kualitas dalam memberikan pelayanan, menjadi bentuk upaya dalam mewujudkan smart governance di Kabupaten Tangerang. Dalam penerapannya sudah dilaksanakan sesuai perencanaan dari terbentuknya relasi antar organisasi, dukungan para pengambil keputusan dari segi anggaran, sumber daya dan regulasi yang dimiliki. Namun disisi lain terdapat beberapa kendala seperti kurang infrastruktur yang dimiliki dan belum terbentuknya bentuk arsitektur dalam penerapannya.

English Abstract

Public service is defined as all government activities in providing community needs. Effective, efficient, and accountable services are also needed by the government in carrying out its duties. This can be realized if there is an increase in the quality of public services provided to the public, especially electronically. In the Government of Tangerang Regency, the Office of Communication and Informatics acts as the motor in carrying out this task. This study aims to see and describe how the role of Diskominfo Tangerang Regency in providing electronic public services to the community, as well as to realize smart governance. This research uses descriptive research with a qualitative approach which is limited by the research focus, namely (1) implementation of electronic-based public services based on indicators of Electronic-Based Government Systems (SPBE), (2) implementation of electronic-based public services in realizing smart governance, (3) supporting and inhibiting factors in the implementation of electronic-based public services. The data analysis method used is the Interactive Model according to Miles, Huberman, and Saldana fourth edition (2014) with three stages, namely data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that the implementation of electronic public services in Tangerang Regency can be said to be running well. By looking at several indicators in the SPBE, the service has been implemented effectively and efficiently. The existence of participation from the community, a form of government transparency, and efforts to improve quality in providing services, is a form of effort in realizing smart governance in Tangerang Regency. In its implementation, it has been carried out according to the plan from the formation of relations between organizations, and the support of decision-makers in terms of the budget, resources, and regulations they have. However, on the other hand, there are several obstacles such as the lack of existing infrastructure and the absence of an architectural form in its application.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030663
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Smart Governance, Kabupaten Tangerang
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:03
Last Modified: 17 Jan 2024 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210551
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD ATHA ZHARIF.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item