Implementasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu ( Studi pada Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang).

Zatalina, Ghaisani and Dr. Drs. Siswidiyanto, MS and Wike, S.Sos., M. Si, DPA (2023) Implementasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu ( Studi pada Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam proses pengentasan kemiskinan melalui penyaluran bantuan, masih ditemukan berbagai permasalahan dalam implementasinya. Terlebih khusus terkait data masyarakat yang mengakibatkan masih kurangnya akurasi dalam proses penyaluran bantuan. Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) menjadi salah satu program yang dicetuskan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia guna membantu proses penanganan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tiga fokus penelitian berdasarkan model kesesuaian implementasi program milik David C.Korten. Ketiga fokus yakni kesesuaian program dengan pelaksana, kesesuaian pelaksana dengan pemanfaat, dan kesesuaian program dengan pemanfaat. Penelitian ini berlokasi di Kota Malang dengan situs di Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan untuk teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat kesesuaian maupun kesenjangan dari beberapa aspek terkait kesesuaian program, pemanfaat, dan pelaksana. Dari kesesuaian program dengan pelaksana sudah memiliki hubungan yang sesuai. Melihat dari kualifikasi SDM, ketersediaan regulasi dan anggaran sampai sarana prasarana yang mendukung. Sedangkan untuk kesesuaian pelaksana dengan pemanfaat, sayangnya masih ditemukan kesalah pahaman akan prosedur maupun aturan pelayanan SLRT dari masyarakat. Hal ini menjadi catatan bagi dinas untuk melakukan penyebaran informasi guna meminimalisir permasalahan yang sama. Lalu untuk kesesuaian program dengan pemanfaat, SLRT mampu menjadi sebuah pelayanan satu pintu yang bisa membantu berbagai urusan dan kebutuhan masyarakat. Baik penanganan keluhan, kebutuhan bantuan, hingga pusat informasi data yang dituangkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dimana menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh masyarakat agar bisa mendapatkan berbagai bantuan yakni dengan terdaftar di dalam DTKS.

English Abstract

In the process of proverty alleviation with the process from aid distribution, it was found problems in the implementation of process. Moreover problem with the people’s database that caused mismatched of the distribution process. Integrated Service and Referral System became one of the program that founded by The Ministry of Social of the Republic of Indonesia to help reduce those problems. This study used a qualitative research method by focus on David C. Korten’s Implementation Program. These three focus which are the suitability of the program and the organization, the suitability of the organization and the beneficiary, and the suitability of the program and the beneficiary. This research has been coundected in Malang City, while the site is in Department of Social, Women Empowerment, Child Protection, and Family Planning of Malang City. The used data are primary data sources and secondary data sources. The method were observation, interviews, and documentation. The result of this study indicates some suitability and some gap from the suitability of the program, beneficiary, and the organization. From the suitability of the program and the organization, it founded a good relationship by seeing the qualification of the human resources, regulation and budget, and the support from the facilities and the infrastructures. Meanwhile, for the suitability of organization and the beneficiary, it founded some misunderstanding about the procuder of SLRT and the regulation of SLRT’s services from the beneficiary. Notes to the institution to do some information dissemination to minimize those kind of problems. Lastly, for the suitability of the program and the beneficiary, SLRT succeed to be a one stop services to help people for their needs of social aid. From handling complaint, the needs of aid, until became the center of information and data that could be founded in the database called Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). People need to be registered in the database to can get every social aid distribution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030643
Uncontrolled Keywords: Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu, Model Implementasi Program David C.Korten
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:02
Last Modified: 17 Jan 2024 02:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210532
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
GHAISANI ZATALINA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item