Humairo,, Rifda Putri (2023) Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Pada Perusahaan Biro Perjalanan Wisata (Studi Kasus: Biro Perjalanan Wisata Shahira Travel, Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Shahira Travel merupakan perusahaan biro perjalanan wisata yang terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur. Sebagai biro perjalanan, Shahira Travel memiliki visi ingin menjadikan Halal Tourism Excellent Service menjadi standar pelayanan mereka dalam setiap perjalanan yang ke depannya dapat diterima di seluruh dunia. Pada pelaksanaan strategi pemasaran, Shahira Travel sudah menerapkan ketujuh unsur bauran pemasaran akan tetapi masih terdapat hal-hal yang perlu ditingkatkan guna memberikan kualitas dan pengalaman istimewa kepada konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji bagaimana strategi pemasaran dalam Shahira Travel dengan menggunakan analisis bauran pemasaran (marketing mix) 7P. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Terdapat dua rumusan masalah yang dikaji oleh peneliti, yaitu: (1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pada biro perjalanan wisata Shahira Travel? (2) Bagaimana dampak strategi pemasaran yang diterapkan pada biro perjalanan wisata Shahira Travel terhadap volume penjualan? Data primer diperoleh dari informan serta data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Shahira Travel mencakup bauran pemasaran yang komprehensif, melibatkan unsur 7P product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. (2) Volume penjualan Shahira Travel mengalami peningkatan yang signifikan, dilihat dari faktor-faktor seperti diferensiasi produk, promosi yang efektif, dan penetapan harga yang bersaing, semuanya berkontribusi pada pencapaian tujuan penjualan perusahaan. Meskipun demikian, hasil analisis juga mengungkapkan adanya beberapa unsur bauran pemasaran yang masih kurang maksimal dan perlu dilakukan peningkatan. Namun, dari ke-7 unsur bauran pemasaran tersebut, semuanya saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan karena semua sama pentingnya dalam mendukung keberhasilan suatu perusahaan.
English Abstract
Shahira Travel is a travel agency company based in the city of Surabaya, East Java. As a travel agency, Shahira Travel’s vision to make Halal Tourism Excellent Service become their standard in every trip so that in the future it can be accepted throughout the world. In implementing the marketing strategy, Shahira Travel has implemented the seven elements of the marketing mix, with certain upgrades need to be done to improved their quality and special experiences to consumers. Therefore, this research will examine how the marketing strategy in Shahira Travel using 7P marketing mix analysis. This research applies a descriptive method with a qualitative approach by answering: (1) How is the marketing strategy implemented at the travel agency Shahira Travel? (2) What is the impact of the marketing strategy implemented at the travel agency Shahira Travel on sales volume? The primary data is gathered from informan and the secondary data is collected from past research documents. The data is collected by interview, observation and literature review. Data analysis is conducted in four steps: collecting data, data condensation, data presentation and deducing a conclusion. The results of the study shows that (1) The marketing strategy implemented by Shahira Travel includes a comprehensive marketing mix, involving the 7P elements of product, price, place, promotion, people, process and physical evidence. (2) Shahira Travel’s sales volume has increased significantly, seen from factors such as product differentiation, effective promotions, and competitive pricing, all of which contribute to achieving the company’s sales goals. However, the results of the analysis also reveal that there are several elements of the marketing mix that are still not optimal and need to be improved. The 7 elements of the marketing mix, all of them are interconnected and cannot be separated because they are all equally important in supporting the success of a company to achieving their vision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030018 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan, Biro Perjalanan Wisata, Shahira Travel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata |
Depositing User: | agung |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:13 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210516 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rifda Putri Humairo.pdf Restricted to Repository staff only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |