Parahita, Hasya and Dr. Silvana Maulidah, SP.,MP and Novi Haryati, SP., MP (2023) Pengaruh Content Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Oleh Keterlibatan dan Kepercayaan Merek (Studi Pada Kedai Burger di Jakarta Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi menjadi salah satu hal yang tidak dapat dihindari, khususnya penggunaan internet dan sosial media. Fungsi sosial media yang awalnya hanya sebagai media untuk bertukar informasi telah bergeser menjadi salah satu alat pemasaran yang banyak digunakan oleh berbagai merek dan perusahaan, termasuk dalam industri Food & Beverage. Industri Food & Beverage memiliki tingkat kompetisi yang cukup tinggi, hal ini disebabkan karena banyaknya jumlah bisnis dalam industri ini. Ketatnya persaingan juga disebabkan karena maraknya bisnis dalam industri Food & Beverage yang menawarkan produk utama yang sejenis, salah satunya yaitu Burger. Lawless Burgerbar menjadi salah satu usaha yang menawarkan burger sebagai produk utamanya. Ketatnya persaingan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi Lawless Burgerbar, bahkan Lawless Burgerbar harus menutup salah satu cabangnya yaitu Lawless Burgerbar Capsule Cibubur pada 30 Oktober 2022 lalu. Hal ini mendorong Lawless Burgerbar untuk mencari dan mengembangkan strategi yang mampu menarik pelanggan baru maupun mempertahankan pelanggannya. Pelanggan yang loyal mampu memberikan banyak pengaruh positif bagi suatu merek. Dengan demikian, penting bagi para pelaku usaha untuk membangun dan meningkatkan loyalitas pelanggannya agar dapat bertahan atau bahkan memenangkan persaingan, salah satunya melalui strategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang sedang marak digunakan adalah Content Marketing, termasuk dalam industri Food & Beverage. Content Marketing dapat membantu Lawless Burgerbar untuk membangun dan meningkatkan loyalitas pelanggannya. Dengan Content Marketing yang baik dan efektif, dapat menarik pelanggan untuk terlibat dan menimbulkan kepercayaan yang nantinya akan membuat pelanggan menjadi loyal terhadap Lawless Burgerbar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Content Marketing terhadap Customer Loyalty dari Lawless Burgerbar yang dimediasi oleh Customer Engagement dan Brand Trust. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dari Content Marketing,ii Customer Engagement, dan Brand Trust terhadap Customer Loyalty dari Lawless Burgerbar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2023 – Mei 2023 di Lawless Burgerbar Kemang dan juga secara daring dengan menggunakan 150 sampel yang ditentukan dengan pendekatan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan alat analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Software yang digunakan untuk mengolah data adalah SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Content Marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Customer Loyalty dimediasi oleh Customer Engagement dan Brand Trust. Selain itu, variabel Customer Engagement dan Brand Trust juga memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap Customer Loyalty. Namun demikian, variabel Content Marketing tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap variabel Customer Loyalty. Adapun saran dari penelitian ini bagi peneliti selanjutnya adalah menggunakan indikator lain yang lebih relevan dengan objek penelitian berupa usaha dalam bidang F&B, serta menyempurnakan item pertanyaan agar tidak terdapat jawaban ekstrim dari responden yang dapat mengganggu analisis data. Saran bagi Lawless Burgerbar yaitu meningkatkan dan mengembangkan strategi Content Marketing-nya pada akun TikTok @lawless_jkt dengan membuat konten yang mempromosikan produk dengan visual yang lebih menarik dan menggugah selera. Selain itu, Lawless Burgerbar dapat membuat konten berisi informasi mengenai diskon atau promo yang dikemas dengan kreatif dan menarik agar pelanggan termotivasi untuk melakukan pembelian produk.
English Abstract
The development of technology is something that cannot be avoided, especially the use of the internet and social media. The function of social media which was originally only a medium for exchanging information has shifted to become a marketing tool that is widely used by various brands and companies, including in the Food & Beverage industry. The Food & Beverage industry has a fairly high level of competition, this is due to the large number of businesses in this industry. The intense competition is also caused by the rise of businesses in the Food & Beverage industry that offered similar main products, one of which is Burger. Lawless Burgerbar is one of the businesses that offers burgers as its main product. The intense competition had a significant impact on Lawless Burgerbar, in fact Lawless Burgerbar had to close one of its branches, namely Lawless Burgerbar Capsule Cibubur on 30th October 2022. This encourages Lawless Burgerbar to seek and develop strategies that are able to attract new customers and retain customers. Loyal customers are able to provide many positive influences for a brand. Thus, it is important for business actors to build and increase customer loyalty in order to survive or even win the competition, one of which is through a marketing strategy. One of the marketing strategies that is being widely used is Content Marketing, including in the Food & Beverage industry. Content Marketing can help Lawless Burgerbar to build and increase customer loyalty. With good and effective Content Marketing, it can attract customers to be involved and generate trust which will later make customers loyal to Lawless Burgerbar. The purpose of this research is to analyze the effect of Content Marketing on Customer Loyalty from Lawless Burgerbar which is mediated by Customer Engagement and Brand Trust. In addition, this study also aims to analyze the direct effect of Content Marketing, Customer Engagement, and Brand Trust on Customer Loyalty from Lawless Burgerbar. This research was conducted in April 2023 - May 2023 at Lawless Burgerbar Kemang and also online using 150 samples determined by a noniv probability sampling approach with a purposive sampling technique. Data collection was carried out using a questionnaire with the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis tool. The software used to process the data is SmartPLS 4.0. The results of this study indicate that the Content Marketing variable has a positive and significant effect on the Customer Loyalty mediated by Customer Engagement and Brand Trust. In addition, the Customer Engagement and Brand Trust also have a positive and significant direct effect on Customer Loyalty. However, the Content Marketing variable does not have a significant direct effect on Customer Loyalty. The suggestions from this study for future researchers are to use other indicators that are more relevant to the object of research in the form of businesses in the F&B sector, as well as refine the question items so that there are no extreme answers from respondents that can interfere with data analysis. Suggestions for Lawless Burgerbar are improving and developing its Content Marketing strategy on the @lawless_jkt TikTok account by creating content that promotes products with more attractive and appetizing visuals. In addition, Lawless Burgerbar can create content containing information about discounts or promos that are packaged creatively and attractively so that customers are motivated to purchase products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052304 |
Uncontrolled Keywords: | Content Marketing, Customer Engagement, Brand Trust, Customer Loyalty |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | maria |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:59 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210398 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hasya Parahita.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |