Strategi Pemasaran “Kopi Lesung Arjuna” dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan dan Pendapatan (Kasus Di Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan).

AGUSTINA, FIFIT LIA and Prof. Dr. Ir. Syafrial, MS., (2023) Strategi Pemasaran “Kopi Lesung Arjuna” dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan dan Pendapatan (Kasus Di Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman kopi merupakan salah satu komoditi pertanian dalam subsektor perkebunan yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi diantara tanaman kebun lainnya. Produksi kopi di Indonesia cenderung berfluktuasi, akan tetapi kuantitas kopi di Indonesia masih cukup besar. Pada tahun 2020 Indonesia merupakan produsen kopi keempat terbesar dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Sebanyak 60 persen dari total produksi yang dihasilkan untuk diekspor ke negara lain. Ini merupakan sebuah peluang dalam meningkatkan devisa negara dan juga meningkatkan pendapatan para petani. Kopi banyak digemari hampir semua kalangan, tidak heran apabila permintaan akan kopi terus meningkat. Banyak para usaha kopi melakukan penjualan kopi ke kafe atau swalayan bahkan banyak ke luar negeri. Persaingan pasar yang semakin sengit menjadikan pemasaran sebuah tantangan yang sangat berat untuk para pengusaha kopi. Kopi Lesung Arjuna merupakan salah satu usaha kopi yang berada di Desa Sekarmojo Kecamatan Purwosari Kabupaten pasuruan. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi Kopi Lesung Arjuna yang dapat menyebabkan penurunan volume penjualan dan pendapatan Kopi Lesung Arjuna diantaranya 1) strategi pemasaran yang belum maksimal dan 2) persaingan pasar yang sangat sengit yang menyebabkan produk Kopi Lesung Arjuna tergeser oleh produk lain. Tujuan dari penelitian ini yakni: 1) Menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh Kopi Lesung Arjuna, dan 2) Menganalisis faktor internal dan eksternal dalam upaya peningkatkan volume penjualan dan pendapatan Kopi Lesung Arjuna, serta Metode analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif yaitu Marketing Mix, pendekatan kuantitatif matriks SWOT, analisis matriks IE, dan strategi matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan Kopi Lesung Arjuna menggunakan strategi pemasaran yaitu 4P. Dari hasil perhitungan matriks IFE dihasilkan total skor bobot 3,34, sedangkan matriks EFE menghasilkan skor bobot 2,97. Diagram analisis SWOT menunjukkan Kopi Lesung Arjuna berada di kuadran I. Dalam analisis matrik IE menunjukkan hasil usaha Kopi Lesung Arjuna dengan faktor internal yang tinggi artinya usaha sudah sangat kuat. Sel IV menunjukkan usaha tersebut membutuhkan stability strategy yaitu strategi yang dibutuhkan tanpa mengubah arah strategi yang telah diterapkan. Tidak perlu melakukan perubahan secara drastis akan tetapi bisa melakukan beberapa pengembangan kekuatan yang dimiliki perusahan dan memanfaatkan beberapa peluang yang ada serta meminimalisir ancaman dengan langkah-langkah mengurangi kelemahan.

English Abstract

Coffee plant is one of the agricultural commodities in the plantation subsector which has quite high economic value among other garden crops. Coffee production in Indonesia tends to fluctuate, but the quantity of coffee in Indonesia is still quite large. In 2020 Indonesia will be the world's fourth largest coffee producer after Brazil, Vietnam and Colombia. As much as 60% of the total production produced is for export to other countries. This is an opportunity to increase the country's foreign exchange and also increase the income of farmers. Coffee is popular with almost all groups, so it's no wonder that the demand for coffee continues to increase. Many coffee businesses sell coffee to cafes or supermarkets and even abroad. Increasingly fierce market competition makes marketing a tough challenge for coffee entrepreneurs. Lesung Arjuna Coffee is one of the coffee businesses located in Sekarmojo Village, Purwosari District, Pasuruan Regency. There are several problems faced by Lesung Arjuna Coffee which caused a decrease in sales volume and income including 1) marketing strategies that were not able to deal with external threats, and 2) very fierce market competition which caused the Arjuna Lesung Coffee product to be sidelined by other products. The objectives of this study are: 1) to analyze the marketing strategy undertaken by Kopi Lesung Arjuna, and 2) to analyze internal and external factors in increasing the sales volume and income of Kopi Lesung Arjuna. Purwosari District, Pasuruan Regency. The data analysis method used for descriptive analysis is Marketing Mix, SWOT matrix quantitative approach, IE matrix analysis, and SWOT matrix strategy. The results showed that Dimples Arjuna Coffee uses a marketing strategy, namely 4P. From the calculation results of the IFE matrix a total weight score of 3.34 is produced, while the EFE matrix produces a weight score of 2.97. The SWOT analysis diagram shows that Lesung Arjuna Coffee is in the quad of I. In the IE matrix analysis, it shows that the results of the Arjuna Lesung Coffee business with high internal factors mean that the business is very strong. Cells IV indicates that the business requires a stability strategy, namely the strategy needed without changing the direction of the strategy that has been implemented. There is no need to make drastic changes, but you can do some developing the strengths of the company and take advantage of some of the opportunities that exist and minimize threats by taking steps to reduce weaknesses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:53
Last Modified: 15 Jan 2024 07:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210390
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fifit Lia Agustina.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item