Nathania,, Talitha Cleodora and Yusri Abdillah, S.Sos., M.Si., Ph.D. (2023) Evaluasi Program Strategis Kerjasama Terpadu Dalam Upaya Pemasaran Pariwisata Indonesia Pasca Covid-19 (Studi Kasus Pasar India). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada bulan Maret tahun 2022 terjadi peningkatan jumlah wisatawan mancanegara di Indonesia pasca pandemi covid-19 mencapai 251%, dengan peningkatan jumlah wisatawan India sebagai peningkatan tertinggi sebesar 3926,8%. Hal ini menjadi potensi untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata melalui kegiatan pemasaran oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai institusi pemerintah yang mengurus bidang Pariwisata. Program strategis Kerjasama Terpadu menjadi salah satu program pemasaran yang paling banyak dilaksanakan sejak Maret tahun 2022 di Kemenparekraf, dalam hal ini Direktorat Pemasaran Pariwisata Regional I (Regional I) yang mengatur pemasaran pariwisata di wilayah Asia Pasifik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dinamika kolaborasi dalam kegiatan kerjasama terpadu antara Regional I dengan SVAAGAT tahun 2022 dan mengetahui hasil evaluasi program strategis Kerjasama Terpadu dalam upaya pemasaran pariwisata Indonesia pasca covid-19 terhadap pasar wisatawan asal India, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan collaborative destination marketing framework dengan empat konstruk yaitu the precondition construct, the motivation construct, the process construct, dan the output construct, serta menggunakan model evaluasi CIPP yang memiliki empat dimensi yaitu konteks, input, proses, dan produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi lingkungan pasca pandemi menjadi pemicu terjadinya kerjasama antara Regional I dengan SVAAGAT. Motif melakukan kerjasama adalah untuk memperkuat strategi melalui penyatuan sumber daya. Bentuk kegiatan promosi pada kerjasama ini adalah exhibition dan sales mission. Hasil dari kerjasama ini dikategorikan sebagai hasil strategy realization dan organizational learning. Kerjasama ini memberikan kontribusi dan manfaat baik bagi pihak Regional I dan SVAAGAT dengan mengatasi masalah pasca pandemi. Sumber daya keduanya telah memenuhi kebutuhan untuk menunjang kegiatan. Keseluruhan rencana kegiatan telah terlaksana sesuai dengan agenda kegiatan. Hasil kegiatan telah melampaui ekspektasi dengan pendanaan kegiatan yang efektif.
English Abstract
In March 2022, there was an increase in the number of foreign tourists visiting Indonesia after the Covid-19 pandemic reaching 251% with the number of Indian tourists experiencing the highest increase of 3926.8%. This has the potential to revive the tourism sector through marketing activities by the Ministry of Tourism and Creative Economy (Kemenparekraf) as the government institution that manages the tourism sector. “Kerjasama Terpadu” strategic program has become one of the most widely implemented marketing programs since March 2022, at the Ministry of Tourism and Creative Economy, in this case, the Regional I Tourism Marketing Directorate (Regional I) which regulates tourism marketing in the Asia Pacific region. This research was conducted to determine the dynamics of collaboration in “Kerjasama Terpadu” activities between Regional I and SVAAGAT in 2022 and to find out the results of the evaluation of “Kerjasama Terpadu” strategic program in post-covid-19 Indonesian tourism marketing efforts towards the tourist market from India, using a qualitative descriptive approach through interview techniques and documentation. This research uses a collaborative destination marketing framework with four constructs, namely the precondition construct, the motivation construct, the process construct, and the output construct, and uses the CIPP evaluation model which has four dimensions, namely context, input, process, and product. The results of this research show that post-pandemic environmental conditions are the trigger for collaboration between Regional I and SVAAGAT. The motive for collaborating is to strengthen strategy through pooling resources. Forms of promotional activities in this collaboration are exhibitions and sales missions. The results of this collaboration are categorized as strategy results realization and organizational learning. This collaboration provides contributions and benefits for both Regional I and SVAAGAT by overcoming post-pandemic problems. The resources of both have met the needs to support activities. The entire activity plan has been implemented in accordance with the activity agenda. The results of activities have exceeded expectations with effective activity funding.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052303 |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Program, Pemasaran Pariwisata, Kemenparekraf, Collaborative Destination Marketing-Program Evaluation, Tourism Marketing, Ministry of Tourism and Creative Economy, Collaborative Destination Marketing, |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with username suprihatin |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:54 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210384 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Talitha Cleodora Nathania.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |