Wijaya, Ridwan Ardian (2023) Pengaruh Profesionalisme Live Streamer dan Komentar Viewers Terhadap Niat Menonton Live Streaming Shopping Pelanggan Samsung Official Store Serta Dampaknya Pada Pembelian Impulsif (Survei Pada Pelanggan Yang Menonton Live Streaming Shopping di Tokopedia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Setiap perusahaan mempunyai strategi pemasaran untuk mendorong penjualan produknya dan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Live Streaming Shopping adalah salah satu strategi pemasaran dengan penggunaan komunikasi antara calon pelanggan dan streamer bertujuan produknya bisa diperkenalkan kepada para calon pelanggan dan bisa membentuk sebuah pemahaman tentang produk yang dijual. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) menganalisis dan menjelaskan pengaruh Profesionalisme Live Streamer terhadap Niat Menonton Live Streaming Shopping, (2) menganalisis dan menjelaskan pengaruh Profesionalisme Live Streamer terhadap Pembelian Impulsif, (3) menganalisis dan menjelaskan pengaruh Komentar Viewers terhadap Niat Menonton Live Streaming Shopping, (4) menganalisis dan menjelaskan pengaruh Komentar Viewers terhadap Pembelian Impulsif, (5) menganalisis dan menjelaskan pengaruh Niat Menonton Live Streaming Shopping terhadap Pembelian Impulsif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari Profesionalisme Live Streamer dan Komentar Viewers sebagai variabel bebas, Niat Menonton Live Streaming Shopping sebagai variabel intervening, dan Pembelian Impulsif sebagai variabel terikat. Survei pada penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 126 responden pelanggan Samsung yang melakukan pembelian impulsif saat menonton live streaming shopping di Tokopedia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profesionalisme Live Streamer (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Niat Menonton Live Streaming Shopping (Y1), Profesionalisme Live Streamer (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y2), Komentar Viewers (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap Niat Menonton Live Streaming Shopping (Y1), Komentar Viewers (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y2), dan Niat Menonton Live Streaming Shopping (Y1) memiliki pengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y2).
English Abstract
Every company has a marketing strategy to encourage sales of its products and to be able to compete with other companies. Live Streaming Shopping is a marketing strategy using communication between potential customers and streamers with the aim that their products can be introduced to potential customers and form an understanding of the products. This study aims to: (1) analyze and explain the effect of Live Streamer Professionalism on Intentions to Watch Live Streaming Shopping, (2) analyze and explain the effect of Live Streamer Professionalism on Impulsive Buying, (3) analyze and explain the effect of Viewers' Comments on Intentions to Watch Live Streaming Shopping, (4) analyze and explain the effect of Viewers' Comments on Impulsive Buying, (5) analyze and explain the effect of Intention to Watch Live Streaming Shopping on Impulsive Buying. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. The variables in this study consist of Live Streamer Professionalism and Viewers’ Comments as independent variables, Intention to Watch Live Streaming Shopping as an intervening variable, and Impulsive Buying as a dependent variable. The survey in this study was by distributing online questionnaires to 126 Samsung customer respondents who made impulsive buying while watching live streaming shopping on Tokopedia. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and path analysis. The results of this study indicate that Live Streamer Professionalism (X1) has a significant effect on Intention to Watch Live Streaming Shopping (Y1), Live Streamer Professionalism (X1) has a significant effect on Impulsive Buying (Y2), Viewers' Comments (X2) has a significant effect on Intention to Watch Live Streaming Shopping (Y1), Viewers' Comments (X2) has a significant effect on Impulsive Buying (Y2), and Intention to Watch Live Streaming Shopping (Y1) has a significant effect on Impulsive Buying (Y2).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030014 |
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme Live Streamer, Komentar Viewers, Niat Menonton Live Streaming Shopping, Pembelian Impulsif. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | agung |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:49 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210363 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ridwan Ardian Wijaya.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |