Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Pengunjung Hawai Waterpark Malang)

Hutama, Muhamad Fiqih and Dahlan Fanani, Drs., MAB. (2023) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Pengunjung Hawai Waterpark Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan; (1) pengaruh secara signifikan antara variabel Harga (X1) yang terdiri dari Kesesuaian Harga dengan Manfaat (X1.1), Kesesuaian Harga dengan Kualitas Produk (X1.2), dan Daya Saing Harga (X1.3) terhadap Kepuasan Konsumen (Y), (2) pengaruh secara signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan (X2) yang terdiri dari Bukti Fisik (X2.1), Keandalan (X2.2), Jaminan (X2.3), Daya Tanggap (X2.4), dan Empati (X2.5) terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Explanatory Research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang yang merupakan pengunjung Hawai Waterpark Malang. Data dikumpulkan dengan angket yang selanjutnya data dianalisis menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini antara lain; (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Harga terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,223 dan nilai thitung sebesar 5,719, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,056 dan nilai thitung sebesar 2,073, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Harga dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai Fhitung sebesar 47,630.

English Abstract

This research aims to analyze and explain; (1) significant effect between the Price variable (X1) consisting of Price Suitability adjacent to Benefits (X1.1), Price Suitability adjacent to Product Quality (X1.2), and Price Competitiveness (X1.3) on Customer Satisfaction (Y), (2) significant effect between the Service Quality variable (X2) consisting of Tangibles (X2.1), Reliability (X2.2), Assurance (X2.3), Responsiveness (X2.4), and Empathy (X2.5) on Cumstomer Satisfaction (Y). This research was using Explanatory Research with a quantitative approach. The sample used was 100 visitors of Hawai Waterpark Malang. Data was collected using a questionnaire and then the data was analyzed using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The result of this research are; (1) there is a positive and significant effect of the Price variable on Customer Satisfaction with regression coefficients value is 0,223, and t-test value is 5,719, (2) there is a positive and significant effect of the Service Quality variable on Customer Satisfaction with regression coefficients value is 0,056, and t-test value is 2,073 (3) there are positive and significant effect of the Price together with Service Quality variable on Customer Satisfaction with F-test value is 47,630.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030635
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:41
Last Modified: 16 Jan 2024 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210359
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Fiqih Hutama.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item