Putra, Ferdian Sonanda and Dr. Rita Parmawati,, SP., ME. and Vi’in Ayu Pertiwi,, SP., MP (2023) Pengaruh Faktor Lingkungan dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Jagung Hibrida PT BISI International Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kabupaten Kediri merupakan daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi pertanian dengan komoditas jagung yang melimpah. Pernyataan tersebut sesuai dengan data yang tersaji dari BPS bahwa Kabupaten Kediri pada tahun 2021 dapat memproduksi jagung hingga 335.791 Ton (BPS Kabupaten Kediri,2021). Nilai produksi jagung di Kabupaten Kediri yang dihasilkan ternyata belum bisa bersaing dengan daerah di Jawa Timur seperti Kabupaten Tuban yang mencapai 758.213 Ton. Salah satu varietas jagung yang mempunyai kualitas tinggi adalah jagung hibrida. Jagung dengan varietas hibrida dapat berproduksi lebih tinggi daripada varietas lain antara 15-20% (Hafid & Nangameka, 2019). PT BISI International Tbk merupakan salah satu perusahaan perbenihan terbesar di Indonesia. Dilansir dari laman web resmi PT BISI International, bahwa menjadi salah satu perusahaan produsen benih jagung hibrida dengan market share terbesar. Tujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor Lingkungan terhadap keputusan pembelian petani terhadap jagung hibrida dari PT BISI International Tbk, untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan pembelian petani terhadap jagung hibrida dari PT BISI International Tbk, dan untuk mengetahui pengaruh Faktor Lingkungan dan Bauran Pemasaran terhadap keputusan pembelian petani terhadap jagung hibrida dari PT BISI International Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 40 anggota kelompok tani Sumber Rezeki 4. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 40 anggota. Teknik pengambilan sampel menggunakan sensus sampling. Pada penelitian ini analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian pada karakteristik responden dikelompokkan menjadi beberapa kriteria diantaranya usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan pekerjaan. Pada karakteristik responden dilihat usia di dominasi 41 - 50 tahun. Jumlah presentase responden berjenis kelamin laki-laki berjumlah 87,5% dari 40 responden yang terdapat di kelompok tani Sumber Rezeki 4. Pada karakteristik pendidikan terakhir anggota kelompok tani Sumber Rezeki 4 di dominasi lulusan SD. Pada karakteristik pekerjaan selain mempunyai pekerjaan utama sebagai petani terdapat beberapa anggota yang mempunyai pekerjaan sampingan seperti PNS, Pegawai Swasta, Wirausaha. Pada distribusi variabel diketahui variabel Faktor Lingkungan (X1) dengan item Pekerjaan memiliki rentan nilai rata-rata cukup tinggi berkisar 3,9. Varibel Bauran Pemasaran (X2) dengan item Produk dengan nilai 4,2, sedangkan variabel Keputusan Pembelian (Y) dengan item kepuasan mempunyai nilai cukup tinggi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor lingkungan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien sebesar 0,047. Bauran Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian nilai koefisen sebesar 0,252. Pengaruh Faktor Lingkungan dan Bauran Pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai F sebesar 7,053.
English Abstract
Kediri Regency is an area in East Java which has agricultural potential with abundant corn commodities. This statement is in accordance with the data presented by BPS that Kediri Regency in 2021 can produce up to 335,791 tons of corn (BPS Kabupaten Kediri, 2021). The production value of corn in Kediri Regency has not been able to compete with regions in East Java, such as Tuban Regency, which has reached 758,213 tons. One of the high quality corn varieties is hybrid corn. Corn with hybrid varieties can produce higher than other varieties between 15-20% (Hafid & Nangameka, 2019). PT BISI International Tbk is one of the largest seed companies in Indonesia. Reporting from the official website of PT BISI International, that bisi is one of the companies producing hybrid corn seeds with the largest market share. The aim is to determine the effect of environmental factors on farmers' purchasing decisions for hybrid corn from PT BISI International Tbk, to determine the effect of the Marketing Mix on farmers' purchasing decisions for hybrid corn from PT BISI International Tbk, and to determine the effect of Environmental Factors and Marketing Mix on farmers' purchasing decisions for hybrid corn from PT BISI International Tbk. This study uses a quantitative approach. The population in this study amounted to 40 members of the Sumber Rezeki 4 farmer group. The sample used in this study was 40 members. The sampling technique uses saturated sampling. In this study, data analysis used multiple linear regression analysis with the help of SPSS software. The results of the research on the characteristics of the respondents were grouped into several criteria including age, gender, last education, and occupation. In terms of the characteristics of the respondents, the dominant age was 41-50 years. The percentage of male respondents was 87.5% of the 40 respondents in the Sumber Rezeki 4 farmer group. In the last educational characteristic, members of the Sumber Rezeki 4 farmer group were dominated by elementary school graduates. In terms of job characteristics, apart from having the main job as a farmer, there are several members who have side jobs such as civil servants, private employees, entrepreneurs. In the distribution of variables, it is known that the Environmental Factor variable (X1) with the Job item has a relatively high average value range of 3.9. Marketing Mix Variable (X2) with product items with a value of 4.2, while the Purchase Decision variable (Y) with satisfaction items has a fairly high value. The results obtained in this study indicate that environmental factors have a positive and insignificant effect on purchasing decisions with a coefficient value of 0.047. Marketing mix has a positive and significant effect on purchasing decisions with a coefficient value of 0.252. The influence of environmental factors and marketing mix simultaneously influences purchasing decisions with an F value of 7.053.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052034 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username chikyta |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:35 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210327 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ferdian Sonanda Putra.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |