Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang, Pengaruh Servicescape dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Richdjoe Barbershops Malang),

Pratama, Galang Yudha and Rizal Alfisyahr, SE., MM. (2023) Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang, Pengaruh Servicescape dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Richdjoe Barbershops Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini perkembangan usaha bisnis di era globalisasi semakin meningkat membuat masyarakat berinovasi melalui berwirausaha pada segala bidang, tidak terkecuali jasa pemotongan rambut khusus pria. Barbershop merupakan bisnis yang sedang meroket dengan momentum trend masa kini. Maraknya bisnis barbershop di Kota Malang disebabkan oleh faktor model, gaya, trend rambut dan meningkatnya kesadaran para pria akan perawatan rambut. Kepuasan pelanggan dalam industri pelayanan terutama pada bidang jasa merupakan faktor yang krusial dalam mempertahankan dari suatu bisnis. Dalam meningkatkan kepuasan pelanggan diperlukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempergaruhinya, contohnya servicscape dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh dari servicescape terhadap kepuasan pelanggan Richdjoe Barbershops, (2) untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Richdjoe Barbershops, (3) untuk mengetahui pengaruh secara bersama sama servicescape dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Richdjoe Barbershops Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian penjelasan merupakan penelitian yang menyoroti hubungan antar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan dari Richdjoe Barbershops Malang yang pernah memakai jasa potong rambut, dengan jumlah sampel penelitian sebesar 97 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan analisis linier berganda dengan bantuan SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Servicescape mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dan Kualitas Pelayanan yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Secara simultan (bersama-sama), terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel bebas penelitian ini terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan nilai Adjust R Square, Servicescape dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh sebanyak 52,9% dalam mempengaruhi Kepuasan Pelanggan sedangkan sisanya, 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

English Abstract

Currently, the development of business ventures in the era of globalization is increasing, making people innovate through entrepreneurship in all fields, including hair cutting services specifically for men. Barbershop is a business that is skyrocketing with the momentum of current trends. The rise of the barbershop business in Malang City is caused by models, styles, hair trends and increasing men's awareness of hair care. Customer satisfaction in the service industry, especially in the service sector, is a crucial factor in maintaining a business. In order to increase customer satisfaction, an analysis of the factors that influence it is required, for example servicescape and service quality. This research aims to (1) determine the influence of servicescape on customer satisfaction at Richdjoe Barbershops, (2) to determine the influence of service quality on customer satisfaction at Richdjoe Barbershops, (3) to determine the joint influence of servicescape and service quality on customer satisfaction at Richdjoe Barbershops Malang. The type of research used in this research is descriptive research using a quantitative approach. Explanatory research is research that highlights relationships between variables and tests previously formulated hypotheses. The population in this study were customers from Richdjoe Barbershops Malang who had used haircut services, with a total research sample of 97 people. The research instrument used in this research was a questionnaire using multiple linear analysis with the help of SPSS for Windows. The research results show that Servicescape has a significant influence on Customer Satisfaction, and Service Quality has a significant influence on Customer Satisfaction. Simultaneously (together), there is a significant influence of the independent variables of this research on Customer Satisfaction. Based on the Adjust R Square value, Servicescape and Service Quality have an influence of 52.9% in influencing Customer Satisfaction while the remaining 47.1% is influenced by other variables not examined in this research

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030625
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:36
Last Modified: 16 Jan 2024 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210320
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
GALANG YUDHA PRATAMA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item