Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Kompensasi Kerugian Fiskal, dan Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance (Studi Pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 - 2021)

Putri, Ridha Aulya Dhinda (2023) Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Kompensasi Kerugian Fiskal, dan Good Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance (Studi Pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 - 2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan yang memiliki laba besar akan menjadi sorotan pemerintah terkait pajak yang harus dibayarkan. Perusahaan menganggap bahwa pajak merupakan suatu beban yang dapat mengurangi laba sebelum pajak, sehingga dengan hal tersebut perusahaan akan berupaya untuk melakukan skema tax avoidance. Walaupun skema tersebut termasuk legal namun secara moral tidak baik, karena dapat menurunkan penerimaan negara melalui pajak. Adapun dalam penelitian ini terdapat beberapa faktor yang mengindikasikan terjadi tax avoidance, yang kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara karakteristik perusahaan yang diproksikan dengan leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, kompensasi kerugian fiskal, serta good corporate governance yang diproksikan dengan komite audit dan kualitas audit. Leverage dalam penelitian ini diukur menggunakan rasio debt to total asset (DAR), profitabilitas diukur menggunakan rasio return on assets (ROA), ukuran perusahaan diukur berdasarkan total assets, kompensasi kerugian fiskal sebagai bentuk insentif pajak yang diukur menggunakan variabel dummy, komite audit dihitung dengan menjumlah komite audit dalam perusahaan, dan kualitas audit yang diukur berdasarkan KAP Big Four menggunakan variabel dummy, serta tax avoidance yang dihitung menggunakan Cash ETR. Penelitian ini mengguakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Pemilihan sampel dalam penelitian ini pada perusahaan sektor energi periode 2018 – 2021 dengan jumlah 20 perusahaan. Dalam analisis regresi penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Berdasarkan pada hasil pemilihan metode dengan menggunakan uji chow dan uji hausman maka didapatkan model regresi yang digunakan yaitu fixed effect model. Hasil regresi tersebut menunjukkan bahwa leverage, ukuran perusahaan, dan kualitas audit berpengaruh terhadap tax avoidance, sedangkan profitabilitas, kompensasi kerugian fiskal, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030012
Uncontrolled Keywords: Tax Avoidance, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kompenasai Kerugian Fiskal, Komite Audit, Kualitas Audit.
Depositing User: agung
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:32
Last Modified: 15 Jan 2024 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210315
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ridha Aulya Dhinda Putri.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item