Abidin, Muchamad Akmalul and Irfan Kharisma Putra, SAB., MAB (2023) Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Skincare Somethinc Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Social Media Marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media sosial sebagai platform untuk memasarkan produk atau jasa bisnis kepada pengguna internet. Salah satu Social Media Marketing yang dimiliki Somethinc yaitu Instagram. Instagram Somethinc mencakup informasi tentang lokasi cabang Somethinc, produk, promo, serta manfaat dan penggunaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Content Creation, Content Sharing, Connecting, Community Building baik secara simultan maupun parsial terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitian menggunakan penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online kepada 140 orang responden yang merupakan pengguna produk Somethinc. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan Partial Least Square dengan software SmartPLS versi yang ke-3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Content Creation, Content Sharing, Connecting, Community Building masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Pembelian.
English Abstract
Social Media Marketing is a marketing strategy that uses social media as a platform to market business products or services to internet users. One of Somehinc's Social Media Marketing is Instagram. Somethinc's Instagram includes information about Somethinc branch locations, products, promotions, as well as benefits and uses. The aim of this research is to determine and explain the influence of Content Creation, Content Sharing, Connecting, Community Building both simultaneously and partially on Purchase Decision. The research method uses explanatory research with a quantitative approach. The data collection method uses a questionnaire distributed online to 140 respondents who are users of Somethinc products. The sampling technique in this research used a purposive sampling technique and the data analysis used was descriptive analysis and multiple linear regression analysis which was processed using Partial Least Square with the 3rd version of SmartPLS software. The research results show that Content Creation, Content Sharing, Connecting, Community Building each of them has a positive and significant influence simultaneously and partially on Purchase Decision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030631 |
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing, Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:35 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 04:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/210301 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Much Akmalul Abidin.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |